Pemasangan Instalasi Listrik Kini Bisa Lewat Aplikasi Mobile PLN

Image title
23 April 2021, 15:15
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik di jalan raya Tanjung, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Kamis (1/4/2021). Pemerintah memperpanjang pemberian stimulus keringanan tagihan listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha industri, bisnis
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp.
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik di jalan raya Tanjung, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Kamis (1/4/2021).

PT PLN (Persero) meluncurkan fitur bernama Listriqu ke dalam aplikasi New PLN Mobile. Fitur ini membuat pelanggan dapat mendaftarkan pemasangan instalasi listrik lewat telepon seluler.

Fitur ini digagas oleh anak usaha PLN yakni PT Haleyora Power. Selama ini layanan kegiatan instalasi listrik milik pelanggan (IML) pun tak diberikan langsung dari PLN.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril berharap, melalui fitur ini dapat memberikan layanan terbaik ke pelanggan.
"Transformasi power beyond generation harus ditingkatkan untuk layanan pelanggan yang lebih baik," ujar Bob dalam peluncuran fitur Listriqu secara daring, Jumat (23/4).

Bob mengingatkan agar PT Haleyora Power benar-benar memperhatikan mengenai layanan kepada konsumen. Jangan sampai, dengan adanya fitur Listriqu ini justru malah membuat layanan PLN menjadi buruk.
"Karena kalau sudah masuk PLN Mobile setiap orang bisa mengakses dan memberikan penilaian," ujarnya.

Direktur Utama PT Haleyora Power Purnomo menyatakan akan menjaga pelayanan kepada pelanggan. Salah satunya dengan menyiapkan petugas kompeten bersertifikasi.
 
Menurutnya fitur ini menyediakan layanan instalasi listrik secara cepat dengan petugas yang memiliki sertifikasi. Kemudiaan kualitas material yang memenuhi standar SNI,  harga transparan dan produk bergaransi.  

Di samping itu, perusahaan juga akan melakukan sistem monitoring yang bersifat end to end. Mulai pelanggan melakukan pemesanan hingga pick up petugas crew ke rumah pelanggan.

"Ini menjadi prioritas kami. Jadi tidak hanya memonitor data, tapi jangan sampai pelanggan mendapat pelayanan lama," ujarnya.

Adapun PLN masih memberikan diskon listrik pada periode April hingga Juni 2021. Diskon ini bagian dari perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat di tengah pandemi.

Bagi pelanggan listrik pascabayar, diskon akan langsung dihitung dalam tagihan bulanan. Sedangkan, "Untuk pelanggan prabayar, diskon diberikan saat pembelian token," kata EVP Tarif dan Subsidi PT PLN Tohari Hidayat dilansir dari Antara, beberapa waktu lalu (15/4).

Hanya, Tohari menjelaskan pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA, serta bisnis dan industri daya 450 VA akan mengalami perubahan besaran stimulus dibandingkan periode sebelumya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...