Nasib 75 Pegawai KPK Setelah Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan

Rizky Alika
5 Mei 2021, 20:12
KPK, tes kebangsaan, novel baswedan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Penyidik KPK Novel Baswedan dikabarkan tak lolos dalam tes wawasan kebangsaan.

Sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan dalam rangka pengalihan pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). Komisi antirasuah masih menunggu keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait keputusan nasib 75 pegawai tersebut.

"Selama belum ada penjelasan lebih lanjut dari Kemenpan RB dan BKN, KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang tidak memenuhi syarat," Sekjen KPK Cahya Harefa di kantornya, Rabu (5/5).

Ketua KPK Firi Bahuri pun menyatakan tidak berniat mengusir pegawai komisi antirasuah lewat tes ini. Ia juga menyebutkan, tidak ada kepentingan individu ataupun kelompok dalam hal ini.

Pimpinan KPK, lanjut dia, merupakan kolektif kolegial sehingga keputusan yang diambil ialah bulat dan menjadi tanggung jawab bersama. "Sampai hari ini semua aktivitas pemberantasan korupsi tidak pernah dilemahkan sampai kapanpun. Apa yang kami lakukan atas perintah Undang-Undang," ujar dia.

Sebelumnya, salah satu yang dikabarkan tak lolos tes wawasan kebangsaan adalah penyidik senior KPK Novel Baswedan. Ia mengaku telah mendengar kabar tersebut dan menganggap ada upaya menyingkirkan orang-orang berintegritas dari KPK.

"Bila info itu benar, tentu saya terkejut karena baru kali ini upaya tersebut dilakukan pimpinan KPK sendiri," kata Novel yang juga membenarkan kabar pertanyaan janggal tersebut.

Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas Feri Amsari yang mengatakan ketentuan tes sebenarnya tak diatur dalam Undang-Undang KPK Nomor 19 Tahun 2019. Ujian ini merupakan kehendak pimpinan KPK lewat peraturan komisi. "Sehingga secara administrasi menjadi bermasalah," kata Feri dalam keterangannya, Selasa (4/5) seperti dikutip dari Antara.

Pimpinan KPK Bantah Bocorkan Pegawai yang Tak Lolos

Firli Bahuri menyatakan KPK tak membocorkan nama pegawai yang tak memenuhi syarat. Dokumen hasil tes wawasan kebangsaan, katanya, masih disegel dan disimpan dalam lemari dengan beberapa lapis kunci pengaman sejak hasil diterima pada 27 April lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...