Jokowi Puji Kota Surabaya Berhasil Olah Sampah Jadi Listrik

Rizky Alika
6 Mei 2021, 17:17
Jokowi, pengolahan sampah, sampah jadi listrik
ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.
Ilustrasi hamparan lahan bekas timbunan sampah untuk menghasilkan metana pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya. Jokowi memuji kinerja Wali Kota Surabaya atas keberhasilan mewujudkan fasilitas tersebut.

"Saya acungi dua jempol untuk Pemerintah Kota Surabaya baik wali kota lama maupun baru," kata Jokowi di TPA Benowo, Surabaya, Kamis (5/6).

Advertisement

Ia mengatakan, kecepatan pemerintah kota Surabaya dalam membangun PSEL patut mendapatkan apresiasi. Sebab, Surabaya menjadi kota yang paling cepat dalam membangun PSEL dibandingkan tujuh kota lain yang diberi tugas serupa.

Pembangunan PSEL di kota lain masih tersendat oleh berbagai kendala, seperti tapping fee, barang daerah, dan urusan lainnya. Terlebih, pembangunan PSEL tidak hanya sekadar pengolahan sampah menjadi listrik.

"Ada masalah kebersihan kota, pencemaran karena sampah ditumpuk, kalau hujan sampah mengasilkan limbah. Masalah semua," ujar dia.

Permasalahan yang sama juga dialami Jokowi saat ia menjabat sebagai Wali Kota Solo. Saat itu, ia menghadapi masalah sampah yang mencemari sumur di sekitar pemukiman penduduk.

Oleh karena itu, ia mengakui pembangunan PSEL tidak mudah. Pemerintah daerah pun kerap tidak berani mengeksekusi pembangunan PSEL lantaran payung hukumnya belum jelas.

"Dulu takut dipanggil kejaksaan, dipanggil kepolisian, dipanggil KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," ujar dia,

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement