Dua Pekan Menjabat, Dubes Jerman di Tiongkok Meninggal

Hecker merupakan Duta Besar Jerman ke-14 untuk Tiongkok.
Yuliawati
6 September 2021, 14:12
Tiongkok, Jerman
ANTARA FOTO/REUTERS/Fabrizio Bensch/aww/cf
Kanselir Jerman Angela Merkel.

Duta Besar Jerman untuk Tiongkok, Jan Hecker, meninggal mendadak pada usia 54 tahun. Hecker hanya bekerja selama dua pekan di Kedutaan Besar Jerman di Tiongkok.

Sebelum menjabat sebagai duta besar di Beijing pada 24 Agustus, Hecker pernah bekerja sebagai penasihat kebijakan luar negeri untuk Kanselir Jerman Angela Merkel.  

"Kami sangat sedih dan terkejut mengetahui kematian mendadak Duta Besar Jerman untuk Cina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, Senin (6/9) dikutip dari CNN. "Hati kami bersama keluarganya dan teman-teman serta koleganya saat ini."

Hecker merupakan Duta Besar Jerman ke-14 untuk Tiongkok. Sebelum pengangkatannya, ia menjabat sebagai Direktur Departemen Kebijakan Luar Negeri, Keamanan dan Kebijakan Pembangunan dan telah menjadi penasihat kebijakan luar negeri Merkel sejak 2017.

Merkel menyatakan keterkejutannya mendengar kematian Jan Hecker. "Saya berduka atas kehilangan seorang penasihat yang sangat terhormat selama bertahun-tahun, dengan kemanusiaan yang mendalam dan keahlian yang luar biasa."



Ketika memulai jabatannya sebagai dubes, Hecker mengatakan tujuannya menjalankan misi baru "untuk berkontribusi pada pengembangan jangka panjang dan stabilisasi hubungan Jerman-Tiongkok" dan untuk "lebih memperkuat dialog dan kemitraan."

Reuters menyebut Hecker terlihat "senang dan baik-baik saja" ketika memandu acara seniman Jerman Joseph Beuys di kediamannya di Beijing pada Jumat lalu. Informasi ini diperoleh dari keterangan salah seorang tamu di acara tersebut.

 

Advertisement
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait