3,4 Juta Vaksin Pfizer dan AstraZeneca untuk Kejar Target Akhir Tahun

Rizky Alika
23 September 2021, 18:34
vaksin, covid-19,
RYIADHY/INFOPUBLIK/KOMINFO
Kedatangan vaksin ke 73 di Bandara Soekarno Hatta.

Indonesia menerima 2,16 juta dosis vaksin Pfizer dan 1,23 juta dosis jadi vaksin Covid-19 AstraZeneca pada hari ini. Tambahan pasokan vaksin 3,4 juta dosis tersebut demi mengejar target vaksinasi 70% masyarakat Indonesia pada akhir 2021.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menjelaskan pasokan tersedia berkat kelancaran diplomasi dengan negara penyedia vaksin. "Dalam upaya menyediakan vaksin bagi rakyat Indonesia, pemerintah mengoptimalkan diplomasi antarnegara, dengan kerja sama yang bersifat bilateral dan multilateral," kata Usman seperti dikutip dari keterangan pers, Kamis (23/9).

Usman mengatakan kedatangan vaksin ini merupakan salah satu wujud keberhasilan upaya diplomasi pemerintah Indonesia. Pemerintah pun akan terus meningkatkan dan mengoptimalkan diplomasi tersebut.

Secara rinci, vaksin Pfizer sebanyak 1.296.360 dosis merupakan pembelian langsung. Sedangkan 871.650 dosis vaksin Pfizer merupakan donasi dari pemerintah Amerika melalui mekanisme COVAX Facility.

Kemudian, 1.236.480 dosis vaksin AstraZeneca merupakan donasi dari pemerintah Perancis dengan sistem COVAX Facility.

Dengan kedatangan vaksin ini, total vaksin yang telah diterima pemerintah Indonesia sejumlah 271.639.790 dosis, baik dalam bentuk baku (bulk) maupun vaksin jadi.

Usman menilai, kedatangan vaksin ini menunjukkan bahwa stok vaksin aman. Pasokan tambahan vaksin demi mengejar target vaksinasi 70% masyarakat Indonesia pada akhir 2021. “Meski penularan sudah turun, program vaksinasi tidak boleh dikendorkan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...