DPR Umumkan Surpres Jokowi, Calon Panglima TNI Dikabarkan KSAL Yudo

Redaksi
Oleh Redaksi
3 November 2021, 11:14
Panglima TNI, KSAL, Jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) didampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Istana mengirimkan surat presiden (surpres) tentang pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hari ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Presiden Jokowi mengajukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

KSAL menjadi kandidat satu-satunya yang akan menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada 8 November nanti. "Nama KSAL menguat sebagai calon Panglima TNI," kata sumber Katadata.co.id yang mengetahui proses ini, Rabu (3/11).

Advertisement

Pimpinan DPR hari ini memang mengagendakan konferensi pers mengumumkan surpres calon Panglima TNI yang diajukan Presiden Joko Widodo.

"Surat Presiden terkait Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto akan dibacakan di DPR siang ini," kata sumber Katadata.co.id.

Surpres yang dikirimkan pada hari ini bertepatan dengan Rabu Pon atau hari khusus Presiden Jokowi. Sejak beberapa hari belakangan memang beredar informasi Surpres akan dikirim Selasa atau Rabu.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengatakan Surpres yang masuk ke DPR RI selanjutnya akan dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) DPR. Kemudian disampaikan kepada Rapat Badan Musyawarah (Bamus). "Lalu di bawa ke Komisi I DPR RI dan kemudian dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement