Bypass Bandara Lombok Mandalika Siap Dipakai untuk World Superbike

Selain untuk jalur World Superbike, Jalan Bypass BIL sepanjang 17,36 kilometer juga akan digunakan untuk MotoGP di Mandalika pada Maret 2022.
Image title
9 November 2021, 11:17
Mandalika
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Foto udara tikungan ke-10 di proyek pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/6/2021).

Seri ke-13 World Superbike Championship (WSBK) 2021 di Sirkuit International Pertamina Mandalika, Lombok, Indonesia akan berlangsung pada Jumat (19/11) hingga Minggu (21/11). Menjelang pembukaan ajang balapan tersebut, jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) - Mandalika siap diresmikan.

Jalan Bypass BIL sepanjang 17,36 kilometer juga untuk mendukung event MotoGP pada Maret 2022. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan Bypass BIL akan memperlancar konektivitas dari Bandara BIL ke kawasan wisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, sekaligus mendukung akses menuju sirkuit MotoGP.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat Reiza Setiawan mengatakan, pembangunan jalan utama telah selesai, dengan progres pekerjaan mencapai 98,6%. "Saat ini tengah dilakukan tahap finalisasi sehingga jalan bypass ini sudah siap untuk diresmikan awal November 2021 menjelang penyelenggaraan World Superbike pada 19 November 2021 mendatang," kata Reiza dalam siaran pers, Senin (8/11).

Pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari tiga paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020-2021 sebesar Rp 705 miliar. Paket 1 sepanjang 4,30 kilometer dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp 199 miliar.

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 kilometer, dengan kontraktor PT Adhi Karya - PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran sebesar Rp 353 miliar. Selanjutnya, untuk Paket 3 sepanjang 3,36 kilometer, yang dibangun oleh PT Yasa Patria Perkasa dengan anggaran sebesar Rp 152 miliar.

"Pekerjaan paket 1 dan 2 sudah selesai 100%, sekarang sudah masuk tahap pemeliharaan. Untuk tahap 3 sedang tahap finalisasi dengan target PHO pada 3 Desember 2021," katanya.

Reiza mengatakan, keberadaan jalan bypass akan mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

Jalan bypass ini dilengkapi oleh dua jembatan, 11 overpass, dan tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, persiapan ajang balapan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika mencapai 100%. Ajang tersebut diharapkan akan menjadi momen kebangkitan pariwisata tanah air.

Pemerintah sudah memberikan panduan penyelenggaraan kegiatan, di mana sebanyak 25 ribu orang diizinkan menonton ajang balapan tersebut, dengan syarat sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Untuk menarik minat wisatawan, harga tiket penyelenggaraan WSBK telah disesuaikan, yakni Rp 150 ribu untuk hari pertama, Rp 200 ribu untuk hari kedua, dan Rp 300 ribu di hari ketiga.

Harga tersebut disesuaikan dengan kesanggupan ekonomi masyarakat setempat agar dapat menyaksikan secara langsung, dengan protokol kesehatan yang ketat.

"World Superbike ini dijalankan dengan penuh kewaspadaan dan kehati-hatian," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (8/11).

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait