Cina Ekspor Kapal Perang Fregat Tercanggih ke Pakistan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 November 2021, 13:08
Cina, kapal perang
123RF.com/hulv850627
Ilustrasi kapal perang milik militer Tiongkok.

Cina mengekspor kapal perang terbesar dan tercanggihnya untuk Angkatan Laut Pakistan. Kapal fregat yang diekspor tersebut merupakan hasil rancang bangun China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC).

Kapal Fregat 054 yang dinamai dengan PNS Tughril dikirimkan ke Pakistan dengan upacara seremonial di galangan CSSC di Shanghai, Senin (8/11).

Kapal tersebut dibuat secara khusus untuk AL Pakistan dengan teknologi mutakhir, berdaya jelajah tinggi dengan kemampuan perang antar permukaan, dari permukaan ke udara, dan dari permukaan ke bawah laut, selain juga kemampuan pengawasan yang luas.

Advertisement

Kendaraan laut tersebut juga dilengkapi dengan sistem peralatan tempur elektronik yang canggih dan modern. Kapal fregat bernomor lambung 054A/P tersebut didesain untuk menjalankan sejumlah misi peperangan dalam berbagai situasi.

"Ini merupakan fregat terbesar dan tercanggih yang pernah diekspor Cina,"  kata Direktur CSSC Du Gang, Selasa (9/11).

Dikutip dari Global Times, Duta Besar Pakistan untuk Cina Mouin ul Haque, menyebutkan pengiriman PNS Tughril tersebut menjadi babak baru kemitraan Pakistan-Cina.

Du Gang yang juga wakil Partai Komunis China (CPC) di galangan tersebut menyatakan bangga bisa mengirimkan PNS Tughril tepat waktu.

Menurut dia, ekspor tersebut menjadi tonggak utama dalam kemitraan jangka panjang Cina-Pakistan karena kedua negara terikat oleh rasa saling percaya.

Pakistan yang 90% populasinya muslim merupakan sekutu utama Cina dalam berbagai bidang. Pakistan bersama Cina dan Rusia turut membidani berdirinya pemerintahan baru di Afghanistan.

Ketiga negara juga menyerukan komunitas internasional memberikan bantuan kemanusiaan kepada Afghanistan dan menekankan kepada Amerika Serikat (AS) dan sekutunya agar bertanggung jawab terhadap masalah pembangunan sosial dan ekonomi Afghanistan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement