Kasus Covid-19 di 126 Kota Naik Imbas Sekolah Tatap Muka dan Takziah

Rizky Alika
15 November 2021, 17:42
covid-19, sekolah tatap muka,
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) perdana di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Labu 14 Pagi, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, (30/8/2021).

Meski secara nasional kasus Covid-19 mengalami penurunan, di beberapa wilayah mengalami peningkatan. Kementerian Kesehatan mencatat, pekan lalu terdapat 126 kabupaten/kota yang mengalami peningkatan kasus corona akibat pertemuan tatap muka di sekolah dan takziah atau melayat orang yang meninggal dunia.

"Beberapa di antaranya sudah naik tiga minggu berturut-turut," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/11).

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri akan membahas data ini lebih lanjut bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. Pembahasan tersebut akan dirampungkan pada pekan ini.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pertemuan tatap muka tetap bisa dilaksanakan dengan penerapan surveilans yang lebih aktif.  "Agar kalau ada indikasi (kenaikan kasus) kita bisa segera mengambil tindakan," ujar dia.

Pemerintah pun akan terus mewaspadai potensi kenaikan kasus corona, terutama menjelang libur Natal dan tahun baru.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Senin (15/11), ada penambahan 221  kasus baru virus corona. Jumlah tambahan kasus harian ini lebih sedikit dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 399 kasus.

Hingga saat ini total Kasus mencapai 4.251.076 dengan 4.098.884 pasien dinyatakan sembuh dan 143.670 orang meninggal dunia.



Sebelumnya, Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman meminta pelonggaran aktivitas pada PPKM perlu memerhatikan kesiapan fasilitas, protokol kesehatan, hingga masyarakat. Apalagi tingkat vaksinasi Covid-19 nasional belum setinggi negara lain, seperti Inggris dan Singapura.

Kemudian, pembukaan aktivitas juga harus memperhitungkan kesiapan fasilitas kesehatan. Rumah sakit perlu dipastikan dalam kondisi baik untuk menghadapi potensi lonjakan virus corona. "Kalau belum siap, jangan 100% melonggarkan aktivitas. Perlu dibuka secara bertahap," ujar dia.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...