Deret Jenderal Militer yang Dilirik Partai Politik Jelang Pilpres 2024

Image title
7 Februari 2022, 15:28
militer, Pilpres 2024
Biro pers, media, dan informasi Setpres
Jenderal TNI Andika Perkasa saat dilandtik sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11/2021).

Pemerintah dan DPR telah menyepakati jadwal Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024. Ketetapan ini membuat partai politik bergerak mencari para kandidat untuk Pilpres 2024, di antaranya dari kalangan militer.

Parpol berasumsi masyarakat masih tertarik dengan calon pemimpin berlatar belakang militer atau Tentara Nasional Indonesia (TNI). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) salah satu parpol yang menyatakan akan mengusung kombinasi sipil dan militer dalam Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Al Muzammil Yusuf mengatakan kandidat berlatar belakang militer yang diperhitungkan dalam Pilpres 2024 di antaranya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Muzammil menyebut mencuatnya beberapa nama dengan latar belakang militer merupakan hal wajar seiring kebutuhan aspek kemanan dan pertahanan dalam negeri. "Fenomena tersebut normal dan logis saja," ujar Muzammil kepada Katadata.co.id pada Senin (7/2).

Selain PKS, Partai Golkar juga membuka peluang bagi figur militer untuk maju menemani Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024. Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengatakan sosok Andika Perkasa merupakan suatu paket yang menarik.

Menurut Dave sebagai Panglima TNI, Andika merupakan sosok yang sigap dalam menyikapi berbagai isu. Selain itu, Andika juga menjalin komunikasi yang baik dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakayat (DPR) selama menjabat sebagai Panglima TNI.

"Itu memang satu paket yang menarik, tapi kami tidak tergesa-gesa," ujar Dave beberapa waktu lalu.

Advertisement

Sementara itu, Partai Gerindra masih konsisten akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sejauh ini terdapat desakan dari internal Gerindra yang kuat mendukung Prabowo maju dalam Pilpres.

Namun, Dasco mengatakan Partai Gerindra akan memutuskan nama capres melalui forum dalam internal Gerindra. "Kami akan menentukan apakah Pak Prabowo akan maju atau kemudian ada calon lain," ujar Dasco di Kompleks Parlemen pada Senin (7/2).

Berikut daftar tokoh jenderal militer yang muncul dalam bursa Pilpres 2024:

1. Andika Perkasa

Jenderal TNI Andika Perkasa merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 yang sebelum menjadi Panglima TNI pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sebelumnya ia juga pernah menduduki jabatan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Andika Perkasa mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di jajaran korps baret merah (Kopassus) Grup 2 selama 12 tahun. Setelah mendapatkan penugasan di Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) serta Mabes TNI-AD, kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama.

Nama Andika mulai muncul ke publik saat menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI-AD dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) pada 2013. Saat Presiden Joko Widodo naik tampuk kekuasaan di 2014, Andika ikut ke Istana sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Pada 2016, Andika menduduki jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII Tanjungpura, Kalimantan Barat dengan pangkat Mayor Jenderal. Dua tahun kemudian, Andika naik pangkat menjadi Letnan Jenderal dan menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) sebelum akhirnya menjadi Pangkostrad. Ia kemudian resmi menjabat sebagai KSAD pada 22 November 2018 sebelum akhirnya menjadi Panglima TNI pada 17 November 2021.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement