Sejumlah Tanda Jakarta Sudah Lewati Puncak Omicron, Selanjutnya Bali

Rizky Alika
14 Februari 2022, 17:41
omicron, Luhut
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja menunggu bus Transjakarta di halte kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Indonesia tengah mengalami gelombang ketiga kasus Covid-19 varian Omicron. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Jakarta sudah melewati puncak kasus Covid-19.

Dia memaparkan beberapa petanda ibu kota sudah melewati puncak varian Covid-19 asal Afrika Selatan itu. "Jakarta menunjukkan tanda-tanda mulai melewati puncaknya dilihat dari kasus harian, kasus aktif, dan rawat inap menunjukkan penurunan," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (14/2).

Secara keseluruhan, kasus di Jawa hingga Bali mulai menujukkan perlambatan. "Namun terjadi peningkatan kontribusi di luar Jawa dan Bali," ujar dia.

Di Pulau Jawa, masih terjadi peningkatan kasus di Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Tren kasus di wilayah Banten dan Bali juga lebih tinggi dibandingkan saat puncak Delta pada tujuh hari terakhir.

Data layanan kesehatan pun menunjukkan jumlah rawat inap pasien Covid-19 di rumah sakit masih lebih rendah dibandingkan saat Delta. Ia mencatat, tempat tidur rumah sakit yang terisi sebanyak 21 ribu kasur dari kapasitas 55 ribu kasus. Dengan demikian, rasio keterisian rumah sakit mencapai 38%.

Ia memastikan, kapasitas maksimum rumah sakit untuk pasien corona masih bisa ditingkatkan hingga mencapai 87 ribu kasur.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...