SMRC: Ridwan Kamil, Anies dan Ganjar Jadi Pilihan Jabar di Pilpres

Image title
Oleh Antara
15 Februari 2022, 16:22
ridwan kamil, survei
aniesbaswedan,ridwankamil,ganjar_pranowo/instagram
Aktivitas Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil yang terekam di instagram masing-masing.

Survei terbaru Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC) menunjukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bersaing ketat dengan Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden 2024 berdasarkan suara pemilih Jawa Barat.

Dalam temuan survei terbaru SMRC bertajuk “Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat”, dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Ridwan mendapatkan dukungan 13%, Anies 12,2%, Prabowo 12% dan Ganjar 10,7%.

Manajer SMRC Saidiman Ahmad mengatakan tokoh lain hanya mendapatkan dukungan di bawah tiga persen. Ada 43,2% warga Jawa Barat yang belum menentukan pilihan.

Adapun dalam simulasi dengan empat nama calon, Kang Emil -panggilan Ridwan- mendapat dukungan paling tinggi sebesar 22,2%. "Kemudian disusul Prabowo 21,9%, Anies 19,3%, dan Ganjar 17,8%. Yang tidak tahu atau tidak menjawab 18,8%,” kata Ahmad di Jakarta, Selasa (15/2).

Naiknya dukungan kepada Kang Emil selaras dengan tingkat kepuasaan warga atas kinerja dia sebagai gubernur Jawa Barat. “Mayoritas responden SMRC sebanyak 77% mengaku sangat atau cukup puas dengan kinerja Kamil. Yang kurang atau tidak puas 19 persen dan ada 5 persen yang tidak menjawab,” kata dia.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, mengatakan, Kang Emil masuk dalam radar partainya untuk diusung sebagai calon presiden 2024, selain Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Tiga nama ini ada dalam pertimbangan Partai NasDem. Kapan diputuskannya? Nanti pada 2023,” katanya.

Advertisement

Pemerintah dan DPR telah menyepakati jadwal Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024. Penetapan jadwal ini membuat para partai politik bekerja keras menentukan kandidat pilihannya.

Selain para tokoh sipil, mengemuka wacana kandidat berasal dari kalangan militer. Salah satunya wacana ini dilempar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berencana mengusung sosok militer sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Reporter: Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement