Jokowi Resmi Lantik Gubernur Lemhannas dan Kepala Badan Pangan

Rizky Alika
21 Februari 2022, 12:25
lemhannas, badan pangan nasional, jokowi,
ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/Handout/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) mengambil sumpah jabatan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan kepala lembaga pemerintah non kementerian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Presiden Joko Widodo resmi melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhannas pada Senin (21/2) di Istana Negara, Jakarta. Selain Andi, Kepala Negara juga melantik Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional.

Pengangkatan Andi ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 21 P Tahun 2022 tentang pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Sedangkan Arief diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional. Keputusan ini juga dibuat pada tanggal yang sama. 

Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan kedua pejabat tersebut. " Bersediakah Saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi.

Keduanya membacakan sumpah jabatan secara bersamaan. "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti oleh Andi dan Arief.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut keduanya.

Pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta sesi foto bersama. Adapun, pelantikan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, serta pembatasan jumlah tamu undangan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...