Kasus Harian Covid-19 di Vietnam Tertinggi se-ASEAN, RI Urutan Kedua

Image title
4 Maret 2022, 13:49
Vietnam, Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Kham/pras/dj
Seorang pria mengendarai sepeda membawa anak-anaknya melewati sebuah jalan ditengah mewabahnya virus corona (COVID-19), di Hanoi, Vietnam, Senin (27/7/2020).

Vietnam kini menjadi negara di Asia Tenggara dengan jumlah kasus Covid-19 harian yang paling tinggi. Pada Kamis (3/2), tambahan kasus harian di negara tersebut 118.790.

Berdasarkan data Worldometers, angka tersebut hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah kasus baru Indonesia yang berada di posisi kedua yakni 37.259 kasus per kemarin.

Adapun Malaysia berada di posisi tiga ASEAN dengan 32.467 tambahan kasus baru. Kemudian Thailand di posisi keempat yang melaporkan 23.618 kasus baru. Sedangkan Singapura berada di bawahnya sebanyak 18.162 kasus baru.

Penambahan kasus Covid-19 di Vietnam ini seiring rencana negara tersebut menggerakkan pariwisata. Dilansir dari Reuters, Kementerian Pariwisata Vietnam telah mengajukan pembukaan pintu masuk untuk warga negara asing dan mencabut hampir semua pembatasan perjalanan pada 15 Februari lalu. Pemberlakukan ini direncanakan mulai pada 15 Maret.

Salah satu proposal yang diberikan adalah agar karantina selama satu hari bagi turis dan negatif Covid-19 sebelum keberangkatan dan saat tiba di Vietnam.  

Vietnam telah mengizinkan warga negara asing untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang sudah ditentukan dengan syarat menunjukkan paspor vaksin. Kebijakan ini dilakukan agar industri pariwisata dapat beroperasi sepenuhnya mulai Juni mendatang.

Vietnam menjadi negara yang paling ketat dalam memberlakukan pembatasan ketika pandemi Covid-19 muncul pada dua tahun yang lalu. Kebijakan tersebut kemudian mengindikasikan adanya keberhasilan awal dalam pencegahan masuknya Covid-19, tetapi menghantam sektor pariwisata Vietnam.

Sektor pariwisata Vietnam menyumbang sekitar 10% dari produk domestik bruto (PDB) tahun 2019. Sementara dengan adanya pembatasan, kedatangan warga negara asing anjlok dari 18 juta pengunjung pada 2019 menjadi 157 ribu pengunjung pada tahun 2021.

Saat ini, virus Covid-19 varian Omicron (B.1.1.529) di dunia semakin menyebar dan telah mencapai 1,91 juta kasus.  Berdasarkan data GISAID, Aljazair tercatat memiliki penambahan kasus Omicron terbanyak, yaitu 14 kasus. Berikut grafik Databoks:

Reporter: Nuhansa Mikrefin
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...