Pertama Kalinya, Jalan Tol di Bali Dibangun dengan Jalur Sepeda

Andi M. Arief
8 Maret 2022, 15:18
jalan tol. Bali
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.
Pecalang atau petugas pengamanan desa adat di Bali memantau situasi di area Monumen Kapten Anumerta Ida Bagus Putu Japa saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di wilayah Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Kamis (3/3/2022).

Pemerintah akan membangun jalan tol Gilimanuk-Mengwi, Bali mulai pertengahan 2022. Jalan tol ini yang pertama dilengkapi dengan jalur sepeda di dalam negeri.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan jalur sepeda ini akan ditempatkan di bagian tol yang berdekatan dengan pantai. Sebagai informasi, Tol Gilimanuk-Mengwi memiliki panjang 96,84 kilometer (Km) dan melintasi tiga kabupaten, yakni Jembrana, Tabanan, dan Badung.

"Ini mungkin jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia karena (wilayah yang dilalui Tol Gilimanuk-Mengwi) ini daerah wisata, maka harus menyesuaikan kebutuhan tempat wisata," kata Basuki dalam upacara Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Selasa (8/3).

Basuki mengatakan tol Gilimanuk-Mengwi akan dibangun di jalur dekat pantai dengan lebih dari 90 underpass. Pertimbangannya demi menjaga kelestarian lingkungan dalam proses pembangunan.

Awalnya, PUPR berencana membangun tol di tengah-tengah Pulau Bali. Namun, rencana itu dibatalkan karena akan merusak kelestarian alam di Pulau Dewata saat proses konstruksinya.

Secara total, Tol Gilimanuk-Mengwi akan memiliki tiga jalur, yakni jalur sepeda, jalur kendaraan bermotor roda dua, dan kendaraan roda empat dan lebih. Untuk kendaraan roda, kecepatan rata-rata yang diatur di jalan bebas hambatan ini adalah 40 kilometer per jam.

Konstruksi Tol Gilimanuk-Mengwi direncanakan mulai dibangun pada Juni 2022 dan dapat dioperasikan pada November 2024. Tol terpanjang di Pulau Bali ini akan dibagi menjadi tiga seksi, yakni Gilimanuk-Pekutatan (54,7 Km), Pekutatan-Soka (23,17 Km), dan Soka-Mengwi (18,29 Km).

Tol kedua di Pulau Dewata ini akan memiliki enam simpang susun. Pengoperasian tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Gilimanuk ke Mengwi dari 6 jam menjadi 1-1,5 jam.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...