Simbol Z, Cara Simpatisan Rusia Beri Dukungan atas Invansi ke Ukraina

Image title
9 Maret 2022, 16:37
Rusia, Ukraina, simbol Z Seorang tentara Ukraina berdiri di tank Rusia yang ditangkap, satunya diwarnai dengan warna bendera nasional Ukraina dan yang lainnya dengan huruf "Z", di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di utara Kharkiv, Ukraina, J
ANTARA FOTO/REUTERS/Irina Rybakova/Press Service of the Ukrainian Ground Forces/Handout /WSJ/cf
Tank militer di Ukraina. Seorang tentara Ukraina berdiri di tank Rusia yang ditangkap, satunya diwarnai dengan warna bendera nasional Ukraina dan yang lainnya dengan huruf "Z", di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di utara Kharkiv, Ukraina, Jumat (4/3/2022). Foto diambil tanggal 4 Maret 2022.

Para simpatisan Rusia menggunakan simbol Z untuk memberikan dukungan kepada negara itu menyerang Ukraina. Simbol Z yang pertama kali ditempel di tank-tank militer Rusia tersebar luas setelah Kremlin secara masif mempromosikannya melalui video propaganda, papan-papan reklame, hingga kaca-kaca mobil.

Maria Butina, mantan mata-mata yang kini menjadi politisi Rusia, turut mempromosikan simbol Z di media sosialnya. Dia menyebarkan rekaman video dirinya menggambar simbol Z pada mantel yang dikenakan.“Pertahankan saudara-saudara. Kami bersamamu selamanya”, ucapnya ditujukan kepada para pejuang Rusia melalui video akun twitter @francska1.

Advertisement

Atlet gimnastik Rusia Ivan Kuliak secara terang-terangan menempelkan simbol Z di kostumnya saat naik podium dalam Piala Dunia Gimnastik di Qatar Sabtu (5/3). Ketika itu dia berdiri di sebelah atlet asal Ukraina yang menjadi juara pertama, Illia Kovtun.

Meski tindakannya mendapat sorotan International Gymnastics Federation (FIG), Ivan bersikeras tetap mengenakan simbol tersebut. Ivan mengatakan simbol yang digunakan para militer Rusia ini memiliki arti 'untuk kemenangan' dan 'untuk perdamaian'. "Saya hanya ingin menunjukkan posisi saya. Sebagai seorang atlet, saya akan selalu berjuang untuk kemenangan dan bermain untuk perdamaian," kata Ivan dilansir dari Sky News.

Simpatisan Rusia dari negara lain juga menggunakan simbol tersebut untuk menyatakan dukungan. Pada Jumat (4/3) lalu, Aljazeera melaporkan, para pendukung Rusia berdemonstrasi membawa spanduk simbol Z sembari melukisnya di jalanan Belgrade, Serbia.

Kritikus film, Anton Dolin, yang lantang mengecam peperangan juga menemukan simbol Z pada pintu apartemennya, sebelum dia pergi ke Latvia. Dia merasa simbol itu sebagai ancaman. "Tujuan dari ini jelas. Kami tahu di mana keluargamu tinggal, berhati-hatilah," tulis Dolin di akun Facebook miliknya.

Huruf Z pertama kali terlihat pada tank Rusia dan kendaraan militer yang berkumpul di perbatasan Ukraina. Sejak saat itu, huruf Z menjadi simbol utama dukungan publik untuk perang Rusia di Ukraina. Sayangnya, pihak militer Rusia tidak pernah mengkonfirmasi mengapa Z muncul di kendaraan pasukan invasinya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement