Properti Industri Diramal Tumbuh Tahun Ini Seiring Ekonomi Membaik

Andi M. Arief
11 Maret 2022, 14:42
properti industri
Arief Kamaludin|KATADATA
Pabrik kendaraan di kawasan industri Cikarang.

Sektor properti industri di wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan meningkat tahun ini. Potensi sektor properti industri terus tumbuh, terlihat dari geliat pengembang yang mempersiapkan pembukaan lahan baru.

"Pembukaan lahan baru oleh pengembang di beberapa lokasi dengan persediaan lahan terbatas umumnya dilakukan untuk
mengantisipasi permintaan pada masa mendatang," kata Industrial Manager Knight Frank Indonesia Ipung Rachmaningtyas dikutip dari laporan riset, Jumat (11/3).

Pada 2022, beberapa sektor manufaktur yang diperkirakan menyerap properti industri adalah sektor kimia, pergudangan modern, otomotif dan turunannya, farmasi, dan fast moving consumer goods (FMCG). "Studi (penggunaan lahan industri) di Indonesia biasanya 1-2 tahun sebelum keputusan untuk investasi," kata Ipung.

Okupansi properti industri terlihat stagnan sejak 2016, tapi harga lahan di Jakarta dan sekitarnya konsisten tumbuh. "Di beberapa lokasi yang memiliki kedekatan dengan pintu tol atau infrastruktur terbangun, biasanya terjadi kelangkaan supply atau belum ada gudang (industri) yang kosong," kata Ipung.

Berdasarkan data Knight Frank, peningkatan harga lahan properti industri tertinggi ada di Bogor. Properti industri di Kota Hujan telah menyentuh level Rp 6 juta per meter persegi pada tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...