Heboh Potensi Pajak MS Glow Ratusan Miliar, Ini Rahasia Bisnisnya

Abdul Azis Said
25 Maret 2022, 08:23
MS Glow
Antara Foto /Oky Lukmansyah
Ilustrasi kosmetik.

Kementerian Keuangan melirik potensi pajak dari perusahaan bisnis kecantikan MS Glow yang belakangan menjadi pembicaraan di media sosial. Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo menyebut pemilik MS Glow berpotensi menyetorkan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) mencapai Rp 720 miliar.

Prastowo menghitung PPN tersebut dari pernyataan pemilik MS Glow Gilang Widya Pramana yang menyebut mendapatkan omzet Rp 600 miliar per bulan. Sehingga dalam setahun perusahaan dari Gilang yang dikenal dengan julukan Juragan 99 mendapatkan omzet Rp 7,2 triliun.

Dalam laman Twitter resminya, Prastowo menandai akun twitter resmi Direktorat Jenderal Pajak @DitjenPajakRI dengan menuliskan, "wow gurih nih".

Prastowo mengajak Ditjen Pajak untuk mencocokkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) PPN dan SPT PPh yang dilayangkan oleh Juragan 99. Dia senang bila masyarakat Indonesia gemar pamer harta karena akan memudahkan pemerintah menagih pajak. “Semoga banyak yang pamer kayak gini nih."

Salah satu pendiri brand kosmetik MG Glow Shandy Purnamasari mengklarifikasi omset perbulannya tak bisa dipukul rata memperoleh Rp 600 miliar per bulan. Istri dari Gilang Widya Pramana menyebut dalam sebulan mereka bisa menjual sekitar dua juta lebih produk MS Glow setiap bulan. Produk kosmetik MS Glow dibanderol berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per unit dan menjual paket sekitar Rp 300 ribu.

Dia mengatakan berhasil mencapai penjualan besar berkat optimalisasi strategi berbagai channel digital atau omnichannel serta pemasaran digital yang gencar dilakukan. Saat ini MS Glow sudah memiliki pabrik sendiri, padahal sebelumnya hanya menjual produk saja.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...