Alasan Kapasitas Penonton Formula E Ancol Berkurang Jadi 10 Ribu orang

Kapasitas penonton Formula E berkurang drastis 40 ribu penonton. Saat ini proses pembangunan sirkuit masih terus berlangsung.
Yuliawati
28 Maret 2022, 15:37
formula E, balap mobil
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni (kanan) berjalan saat meninjau pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan mengurangi kapasitas penonton Formula E yang semula ditargetkan 50 ribu penonton menjadi 10 ribu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kapasitas penonton Formula E yang dikurangi 40 ribu penonton karena menyesuaikan daya tampung di Ancol, Jakarta Utara yang terbatas.

"Tempatnya di Ancol memiliki keterbatasan jadi memang disesuaikan dengan tempat yang ada," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (28/3).

Luas Ancol yang terbatas membuat jumlah penonton tidak memungkinkan berkapasitas yang besar. Namun, Riza tidak menjelaskan soal ada tidaknya kajian yang yang dilakukan menyangkut kapasitas penonton.

"Memang kalau pembangunan memang sudah diputuskan di Ancol dari kami sudah memiliki sirkuit baru yang tempatnya lebih aman tidak mengganggu fasilitas umum lainnya," ujar Riza saat ditanya awak media terkait kajian kapasitas penonton.

Advertisement

Riza menyatakan menonton balap mobil listrik Formula E tak perlu secara langsung datang ke lokasi.  Namun, dia tidak menjelaskan rencana siaran balap mobil di stasiun televisi nasional atau internasional. 

Sebelumnya, Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia Irawan Sucahyono menyatakan kapasitas penonton di bagian tribun diperkirakan 10 ribu. Formula E Operation (FEO) akan meninjau dan mengevaluasi. "Pembangunan tribun harus menunggu trek selesai," ucapnya Jumat (25/3).

Balap mobil listrik Formula E Jakarta atau 2022 Jakarta E- Prix di Ancol akan berlangsung pada 4 Juni 2022 atau tinggal 67 hari lagi.

Konstruksi sirkuit dikerjakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan waktu pengerjaan diperkirakan selama 54 hari dengan anggaran Rp 60 miliar.

Hingga pekan lalu. BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan konstruksi sirkuit Formula E Jakarta sudah mencapai 87,9%. Realisasi pembangunan sirkuit itu belum termasuk garasi tim pebalap (paddock) dan tribun untuk area penonton.

Managing Director Formula E Jakarta dari Jakpro, Gunung Kartiko, menyebutkan kualitas aspal ajang balap mobil listrik di Ancol merupakan yang terbaik dengan pemandangan pantai.

Terkait pembangunan tribun penonton, akan ditentukan oleh Tim Formula E Operation (FEO). Tim FEO sudah sejak sebulan lalu berada di lokasi untuk mengecek pembangunan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu.

Jakpro pun akan segera menjual tiket kepada publik. Namun, ia tidak membeberkan lebih detail soal tiket termasuk terkait sponsor yang akan mendukung kelangsungan ajang balap mobil listrik itu.

Lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) memiliki 18 tikungan dengan desain mirip kuda lumping dengan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS).

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait