Alasan Kapasitas Penonton Formula E Ancol Berkurang Jadi 10 Ribu orang

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 Maret 2022, 15:37
formula E, balap mobil
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni (kanan) berjalan saat meninjau pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan mengurangi kapasitas penonton Formula E yang semula ditargetkan 50 ribu penonton menjadi 10 ribu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kapasitas penonton Formula E yang dikurangi 40 ribu penonton karena menyesuaikan daya tampung di Ancol, Jakarta Utara yang terbatas.

"Tempatnya di Ancol memiliki keterbatasan jadi memang disesuaikan dengan tempat yang ada," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (28/3).

Luas Ancol yang terbatas membuat jumlah penonton tidak memungkinkan berkapasitas yang besar. Namun, Riza tidak menjelaskan soal ada tidaknya kajian yang yang dilakukan menyangkut kapasitas penonton.

"Memang kalau pembangunan memang sudah diputuskan di Ancol dari kami sudah memiliki sirkuit baru yang tempatnya lebih aman tidak mengganggu fasilitas umum lainnya," ujar Riza saat ditanya awak media terkait kajian kapasitas penonton.

Riza menyatakan menonton balap mobil listrik Formula E tak perlu secara langsung datang ke lokasi.  Namun, dia tidak menjelaskan rencana siaran balap mobil di stasiun televisi nasional atau internasional. 

Sebelumnya, Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia Irawan Sucahyono menyatakan kapasitas penonton di bagian tribun diperkirakan 10 ribu. Formula E Operation (FEO) akan meninjau dan mengevaluasi. "Pembangunan tribun harus menunggu trek selesai," ucapnya Jumat (25/3).

Balap mobil listrik Formula E Jakarta atau 2022 Jakarta E- Prix di Ancol akan berlangsung pada 4 Juni 2022 atau tinggal 67 hari lagi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...