Sempat Diduga Diracun, Abramovich Hadir di Perundingan Ukraina-Rusia

Yuliawati
Oleh Yuliawati
30 Maret 2022, 09:32
Rusia, Ukraina, Abramovich
Katadata
Miliarder asal Rusia sekaligus pemilik klub sepakbola Chelsea, Roman Abramovich sempat dikabarkan diracun.

Miliarder asal Rusia sekaligus pemilik klub sepakbola Chelsea, Roman Abramovich, hadir di tengah perundingan damai antara Ukraina dan Rusia di Turki, Selasa (29/3). Abramovich yang sejak awal mendorong perundingan, dikabarnya diracun saat perundingan pada awal Maret lalu.

Moskow mengatakan sang miliarder berada di forum tersebut tidak sebagai perunding resmi, melainkan hanya perantara. Reuters menyebutkan juru bicara Abramovich tidak menjawab permintaan konfirmasi mengenai kehadiran Abramovich.

Adapun penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan perundingan delegasi dua negara tersebut membahas jaminan keamanan serta soal pengaturan gencatan senjata bagi upaya penyelesaian masalah-masalah kemanusiaan.

Dmitry Peskov, juru bicara Kremlin --kantor presiden Rusia, mengatakan bahwa Rabu (30/3) baru bisa diketahui apakah perundingan pada Selasa menjanjikan kemajuan.

 Turki, anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang berada di perbatasan maritim dengan Ukraina dan Rusia di Laut Hitam, punya hubungan baik dengan kedua negara dan telah menawarkan diri sebagai penengah konflik negara-negara tersebut.

Pemerintah Turki menyebut invasi Moskow ke Ukraina sebagai tindakan yang tidak dapat diterima. Pada saat yang sama, Ankara menentang sanksi-sanksi yang dijatuhkan oleh Barat.

Abramovich Diduga Diracun

Wall Street Journal dan outlet investigasi Bellingcat melaporkan kasus dugaan Abramovich dan para juru runding perdamaian Ukraina menderita gejala diracun setelah sebuah perundingan mengenai konflik Ukraina-Rusia di Kiev awal Maret lalu.

Wall Street Journal melaporkan Abramovich dan para perunding Ukraina menunjukkan gejala yang meliputi mata merah, keluar air mata terus menerus dan terasa menyakitkan, serta kulit wajah dan tangan yang mengelupas.

Abramovich dan para perunding Ukraina, termasuk Umerov yang anggota parlemen Tatar Krimea, sudah membaik dan nyawanya tak lagi dalam bahaya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...