Amerika Kembali Tekan India untuk Hentikan Impor Minyak dari Rusia

Muhamad Fajar Riyandanu
12 April 2022, 11:52
Amerika, Ukraina, minyak
ANTARA FOTO/REUTERS/Toya Sarno Jordan/HP/dj
Warga Ukraina pencari suaka di Amerika Serikat melintasi pelabuhan masuk El Chaparral untuk menunggu giliran memasuki Amerika Serikat di Tijuana, Meksiko, Senin (11/4/2022).

Amerika Serikat kembali mempersoalkan langkah India yang membeli minyak dari Rusia. Presiden Joe Biden ‘menyentil’ langsung Perdana Menteri India, Narendra Modi, dengan menyatakan India menghambat respons AS dalam membantu Ukraina yang berperang dengan Rusia.

Biden dan Modi berbicara lewat panggilan video selama satu jam. Biden membahas kekhawatiran yang meningkat atas kehancuran di Ukraina, yang terlihat dari kondisi Bucha, di mana banyak warga sipil yang tewas.

Biden mengatakan kepada Modi bahwa posisi India di dunia tidak akan menjadi lebih baik dengan mengandalkan sumber energi Rusia.

Para pejabat AS menilai India memiliki kepentingan memperdalam hubungan dengan Rusia dan Cina. "Presiden menyampaikan dengan sangat jelas bahwa mereka (India) tidak berkepentingan untuk meningkatkan posisinya," kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki, dikutip dari Reuters, Selasa (12/4).

Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, pada konferensi pers pada hari Senin (11/4), menolak pertanyaan tentang pembelian energi India dari Rusia. Ia mengatakan, pertanyaan tersebut harus diajukan ke Eropa, bukan India. "Mungkin total pembelian kami untuk bulan ini sedikit dibandingkan Eropa pada ‘sore hari lalu’."

India telah membeli setidaknya 13 juta barel minyak mentah Rusia sejak invasi pada akhir Februari, karena terpikat harga diskon yang tajam. Padahal sepanjang tahun mereka membeli minyak dari Rusia sekitar 16 juta barel.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...