Alfamart Ambruk Sebabkan Empat Orang Meninggal, Apa Penyebabnya?

Bangunan Alfamart yang ambruk telah berusia kira-kira 20 tahun.
Yuliawati
19 April 2022, 15:54
alfamart
KATADATA
alfamart

Sebuah bangunan minimarket Alfamart ambruk di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Bangunan berlantai tiga tersebut ambruk dan rata dengan tanah, menyebabkan empat orang meninggal.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto mengatakan pihaknya mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya di Polda Jawa Timur untuk mengecek ambruknya bangunan tersebut. "Mudah-mudahan besok sudah datang untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP," kata Rikwanto saat ditemui di lokasi kejadian, dikutip dari Antara, Selasa (19/4).

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, bangunan yang ambruk telah berusia kira-kira 20 tahun. Selain itu, bangunan kerap terendam air karena wilayah rawa atau gambut hingga bencana banjir.

Polisi menduga secara konstruksi bangunan tidak sesuai dengan kondisi lahan. "Jadi bangunan tua dan disewa oleh Alfamart," ujarnya.

Advertisement

Alfamart Ambruk Sebabkan Empat Korban Meninggal

Sebanyak empat korban ditemukan meninggal tertimbun bangunan minimarket Alfamart yang ambruk di Jalan Ahmad Yani Km 14 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar pada Senin (18/4) sore.

Korban yang meninggal ini terdiri dari seorang karyawan dan tiga pengunjung Alfamart. "Hari ini berhasil dievakuasi tiga orang korban, dua meninggal dunia dan satu selamat," kata Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso saat berada di lokasi, Selasa.

Hingga saat ini total ada 13 korban berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan tiga lantai yang rata dengan tanah.

Doni menjelaskan total karyawan Alfamart enam orang. Lima selamat dan satu meninggal. Sementara dari masyarakat tujuh orang, terdiri dari empat korban selamat dan tiga meninggal.

 "Untuk korban selamat masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. Ada juga yang sudah pulang ke rumah," ujarnya didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (Basarnas) Al Amrad.

Terkait proses evakuasi, Kapolres memastikan masih dilakukan tim SAR gabungan yang dikomando Basarnas dan belum dapat dipastikan apakah masih ada korban yang tertimbun atau tidak.

Untuk itulah, bagi masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya agar bisa melapor ke petugas baik ke Polsek Gambut ataupun Polres Banjar.

Tim SAR gabungan dibantu relawan masyarakat juga mendirikan posko di dekat lokasi tepatnya samping SPBU Gambut guna memudahkan koordinasi dalam masa proses evakuasi dan wadah informasi bagi masyarakat.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait