Alfamart Ambruk Sebabkan Empat Orang Meninggal, Apa Penyebabnya?

Yuliawati
Oleh Yuliawati
19 April 2022, 15:54
alfamart
KATADATA
alfamart

Sebuah bangunan minimarket Alfamart ambruk di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Bangunan berlantai tiga tersebut ambruk dan rata dengan tanah, menyebabkan empat orang meninggal.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto mengatakan pihaknya mendatangkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya di Polda Jawa Timur untuk mengecek ambruknya bangunan tersebut. "Mudah-mudahan besok sudah datang untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP," kata Rikwanto saat ditemui di lokasi kejadian, dikutip dari Antara, Selasa (19/4).

Advertisement

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, bangunan yang ambruk telah berusia kira-kira 20 tahun. Selain itu, bangunan kerap terendam air karena wilayah rawa atau gambut hingga bencana banjir.

Polisi menduga secara konstruksi bangunan tidak sesuai dengan kondisi lahan. "Jadi bangunan tua dan disewa oleh Alfamart," ujarnya.

Alfamart Ambruk Sebabkan Empat Korban Meninggal

Sebanyak empat korban ditemukan meninggal tertimbun bangunan minimarket Alfamart yang ambruk di Jalan Ahmad Yani Km 14 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar pada Senin (18/4) sore.

Korban yang meninggal ini terdiri dari seorang karyawan dan tiga pengunjung Alfamart. "Hari ini berhasil dievakuasi tiga orang korban, dua meninggal dunia dan satu selamat," kata Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso saat berada di lokasi, Selasa.

Hingga saat ini total ada 13 korban berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan tiga lantai yang rata dengan tanah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement