Hutama Karya Operasikan Dua Ruas Baru Tol untuk Mudik Lebaran 2022

Andi M. Arief
25 April 2022, 14:40
Hutama Karya, tol trans sumatera
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sejumlah kendaraan melaju di simpang susun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (13/4/2022).

PT Hutama Karya akan mengoperasikan dua ruas baru secara fungsional pada dua hari yang berbeda di Jaringan Tol Tran Sumatra (JTTS).  Dua ruas baru tol ini akan digunakan selama musim Mudik Lebaran dan Arus Balik 2022.

Kedua ruas tersebut yakni Tol Pekanbaru-Pangkalan seksi Pekanbaru Bangkinang sepanjang 32 kilometer (Km) dan Lubuk Linggau-Bengkulu seksi Benkulu- Taba Penanjung sepanjang 17,8 Km. Perseroan menyatakan pengoperasian kedua ruas tersebut secara fungsional merupakan arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru-Bankinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung secara fungsional dapat berdampak signifikan bagi para pemudik, khususnya di sekitar Bengkulu dan Riau," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (25/4).

Kedua ruas tersebut akan dibuka pada dua hari yang berbeda, yakni pada 26 April 2022 dan 9 Mei 2022. Pada kedua hari tersebut, Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat dilintasi pada 08.00 - 16.00 WIB, sedangkan Tol Bengkulu-Taba Penanjung pada 09.00 - 17.00 WIB.

Koentjoro menyampaikan akan dilakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di kedua ruas tersebut. Selain itu, jenis kendaraan yang bisa melintas adalah kendaraan penumpang atau golongan I.

Koentjoro menekankan kecepatan maksimum yang pengguna jalan bisa pakai pada kedua ruas fungsional tersebut adalah 60 Km per jam.

Selain kedua ruas tersebut, Hutama karya berharap bisa mengoperasikan secara fungsional Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi II sepanjang 6 Km. Perseroan telah mengajukan tanggal pengoperasian ruas seksi 2 tersebut kepada Kementerian PUPR, namun kini masih harus menunggu instruksi pengoperasian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...