Tekan Emisi Karbon, Ini 10 Proyek Pertambangan yang Terapkan CCUS

Muhamad Fajar Riyandanu
26 April 2022, 17:14
CCUS, emisi karbon, pertambangan
123RF
ilustrasi emisi karbon

Indonesia berpeluang mengembangkan teknologi Carbon Capture, Utilizaton, and Storage (CCUS) di beberapa pertambangan. Saat ini teknologi CCUS diterapkan dalam 10 proyek pertambangan yang mulai berproduksi (onstream). Tujuannya untuk menekan emisi karbon.

Manager ITB Center of Excellence for CSS and CCUS, Mohammad Rachmat Sule, mengatakan penerapan teknologi CCUS yang perlu ditingkatkan yakni pengangkutkan dan penyediaan sumur injeksinya. "Karena yang akan diinjeksikan itu adalah CO2 yang bisa menyebabkan korosif dan pipanya itu harus tahan korosif,” kata Rachmat dalam diskusi daring bertajuk Membedah Nilai Keekonomian Teknologi Penyimpanan Karbon untuk Sektor Energi pada Selasa (26/4).

Sepuluh proyek pertambangan yang sudah menerapkan CCUS, yakni, pertama, proyek Tangguh EGR/CCUS yang dikerjakan oleh BP Berau dengan target onstream pada 2026. Proyek ini memiliki potensi penyimpanan emisi CO2 sebesar 25 juta ton selama 10 tahun.

Kedua, proyek Gundih CCUS/CO2-EGR yang dikerjakan oleh sejumlah perusahaan seperti Pertamina CoE ITB, dan J-Power. Proyek yang akan onstream pada 2026 ini memiliki potensi penyimpanan emisi CO2 sebesar 2 juta ton selama 10 tahun.

Ketiga, proyek Sukowati CO2-EOR yang dikerjakan oleh Pertamina, Lemigas, Japex dan METI Japan. Proyek yang memiliki potensi penyimpanan emisi CO2 sebesar 14 juta ton selama 15 tahun ini akan melakukan uji pilot pada 2026 hingga 2027.

Keempat, proyek CSS Sukakemang yang dikerjakan oleh Repsol Sukakemang. Proyek CCUS ini rencananya akan onstream pada 2027 dengan potensi penyimpanan emisi CO2 sebesar 30 juta ton selama 15 tahun.

Kelima, proyek Abadi CCUS yang digarap oleh Inplex Masela yang memiliki potensi penyimpanan emisi CO2 sebesar 70 juta ton. Adapun proyek ini belum dapat dikabarkan kapan bisa onstream.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...