6 Aplikasi Penolong Perjalanan Mudik, dari PeduliLindungi hingga Peta

Fahmi Ahmad Burhan
29 April 2022, 13:25
mudik, aplikasi
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Warga memindai kode batang sertifikat vaksin COVID-19 menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat berkunjung di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (30/9/2021)

Setelah pemerintah melarang mudik selama dua tahun berturut-turut, masyarakat bisa menjalankan mudik lebaran tahun ini. Arus mudik diperkirakan dalam jumlah besar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub) memperkirakan sekitar 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran.

Kemenhub memprediksi arus puncak keberangkatan mudik akan terjadi pada 29-30 April 2022 pukul 07.00-09.00. Sedangkan puncak arus balik mudik terjadi pada 8 Mei 2022 di jam yang sama.

Untuk mendukung kelancaran perjalanan saat keberangkatan dan pulang mudik, pemudik bisa memanfaatkan aplikasi di ponselnya. Berikut enam aplikasi yang wajib digunakan sekaligus bermanfaat bagi pemudik, sebagai berikut:

1. PeduliLindungi

Pemudik wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi di ponsel. Salah satu syarat perjalanan mudik adalah pemudik mengisi eHac lewat PeduliLindungi untuk memastikan status Covid-19.

Jika status pemudik hijau dalam aplikasi tersebut, maka mereka bisa lanjut bepergian. Namun jika merah atau terinfeksi Covid-19, maka pemudik perlu melakukan validasi manual atau menjalani tes.

Selain itu, petugas akan menggelar tes acak kepada para pemudik. Sehingga, untuk mengetahui status vaksinasi secara cepat, pemudik perlu mengunduh PeduliLindungi.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19. Saat ini PeduliLindungi memiliki tugas yang banyak seperti memberikan peringatan atau notifikasi bila memasuki zona merah, pengawasan atau deteksi pergerakan pasien Covid-19, fitur sertifikat vaksin, informasi hasil tes Covid-19 hingga status vaksinasi.

Survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa masih ada 19,4% responden yang mengaku belum memiliki aplikasi buatan pemerintah tersebut. Selain itu, masih ada sebagian kecil responden yang belum tahu aplikasi PeduliLindungi, yaitu sebanyak 1,9%.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...