Dua Anak Meninggal Hepatitis Akut Pernah Terima Vaksin Covid-19

Yuliawati
Oleh Yuliawati
5 Mei 2022, 13:05
hepatitis akut, covid-19
123rf.com
Ilustrasi anak sakit

Kementerian Kesehatan menjelaskan tiga pasien anak di Jakarta yang meninggal diduga akibat hepatitis akut bergejala berat, dua orang sudah menerima vaksin Covid-19. Sedangkan satu orang belum menerima vaksin Covid-19 dan hepatitis.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan ketiga pasien tersebut masing-masing berusia dua tahun, delapan tahun dan 11 tahun. Pasien yang berusia dua tahun belum memperoleh vaksinasi Covid-19 dan hepatitis A-E.

Advertisement

Sedangkan pasien yang berusia delapan tahun sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan 11 tahun telah memperoleh vaksinasi lengkap dua dosis.

Ketiga pasien dilaporkan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan medis di rumah sakit. Ketiga pasien tiba di rumah sakit dalam kondisi stadium lanjut."Hanya memberikan waktu sedikit rumah sakit berikan tindakan pertolongan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari zoom di Jakarta, Kamis (5/5).

Guru Besar Gastro Hepatologi RSCM FKUI Jakarta, Hanifah Oswari, mengatakan asus hepatitis akut bukan akibat pasien menerima vaksin Covid-19 untuk anak-anak.

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan keterkaitan keduanya. "Ini tidak benar tidak ada bukti kaitan dengan vaksin Covid-19. Ada yang berhubungan dengan virus tapi tidak ada bukti dengan vaksinasi Covid-19," kata Hanifah.

Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko yang ada pada pasien. "Dari data yang ada, satu kasus pernah memiliki penyakit lainnya sebelum pasien didiagnosa diduga mengalami hepatitis akut ini," kata Nadia.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement