Kemenkes Bantah Vaksinasi Covid-19 Anak Sebabkan Hepatitis Akut

Yuliawati
Oleh Yuliawati
5 Mei 2022, 13:47
hepatitis akut, covid-19
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Seorang dokter menyiapkan vaksin sebelum melakukan vaksinasi kepada anak di Rumah Vaksin Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020).

Kementerian Kesehatan menegaskan kasus hepatitis akut pada anak-anak bukan disebabkan vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hepatitis akut disebabkan vaksinasi.

Guru Besar Gastro Hepatologi RSCM Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta, Hanifah Oswari, menjelaskan soal itu karena berbagai kabar yang beredar mengkaitkan kasus hepatitis dengan vaksinasi Covid-19.

"Ini tidak benar tidak ada bukti kaitan dengan vaksin Covid-19. Mungkin sebuah kejadian bersamaan, tapi bukan penyebab utamanya," kata Hanifah Oswari, dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari zoom di Jakarta, Kamis (5/5).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan ketiga pasien hepatitis akut pada anak yang meninggal di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua pekan terakhir hingga 30 April 2022. Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Ketiga pasien tersebut masing-masing berusia dua tahun, delapan tahun dan 11 tahun. Pasien yang berusia dua tahun belum memperoleh vaksinasi Covid-19 dan hepatitis A-E.

Sedangkan pasien yang berusia delapan tahun sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan 11 tahun telah memperoleh vaksinasi lengkap dua dosis.

Ketiga pasien dilaporkan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan medis di rumah sakit. Ketiga pasien tiba di rumah sakit dalam kondisi stadium lanjut."Hanya memberikan waktu sedikit rumah sakit berikan tindakan pertolongan," kata Nadia.

Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko yang ada pada pasien.

"Dari data yang ada, satu kasus pernah memiliki penyakit lainnya sebelum pasien didiagnosa diduga mengalami hepatitis akut ini," katanya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...