Bill Gates Ramal Muncul Varian Covid-19 yang Menular dan Berbahaya

Fahmi Ahmad Burhan
6 Mei 2022, 09:12
Bill Gates, Pemilik Microsoft
Arief Kamaludin|KATADATA
Bill Gates, Pemilik Microsoft

Setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19, banyak negara mulai menerap pelonggaran dan menurunkan kewaspadaannya. Pendiri Microsoft Bill Gates mengingatkan kemungkinan buruk pandemi masih bisa terjadi.

"Saat ini dunia masih berisiko pandemi ini. Kemungkinan akan menghasilkan varian yang lebih menular dan bahkan lebih fatal,” kata Bill Gates dikutip dari CNBC, Kamis (5/5).

Gates memperkirakan risiko pandemi akan ada di atas 5%. "Saat ini bahkan belum terlihat kondisi yang terburuk," katanya.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 akan menjadi pandemi yang terakhir apabila dilakukan langkah-langkah tepat. Misalnya, otoritas global membuat perencanaan pencegahan dan tindakan perlindungan. Tujuannya membantu dunia mengelola pandemi di masa depan dengan lebih baik.

Ia menyarankan agar ada tim pengawasan global, yang terdiri dari para ahli yang dapat dengan cepat menemukan ancaman kesehatan baru di seluruh dunia. Mereka kemudian bisa bergerak cepat berkoordinasi dengan otoritas global untuk mencegah penyakit di masa depan yang berkembang menjadi pandemi.

Gates menyebut gugus tugas yang ia sarankan bernama GERM atau global epidemic response and mobilization.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...