Digadang Erick Thohir, Pelita Air Bakal Bersaing dengan Maskapai Mana?

Andi M. Arief
6 Mei 2022, 12:55
Pelita Air
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Pramugari pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air memberi informasi kepada penumpang sebelum lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022).

PT Pelita Air Service mulai beroperasi secara perdana pada Kamis (28/4) untuk layanan domestik. Maskapai penerbangan milik PT Pertamina (Persero) ini memiliki dua pesawat Airbus A320 untuk melayani rute Jakarta-Bali.

Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengatakan Pelita Air masih memiliki infrastruktur seperti pesawat dan rute yang sangat terbatas, dibandingkan maskapai lain. "Saat ini, masih belum dijadikan tolak ukur Pelita Air bersaing dengan siapa saja," kata Alvin kepada Katadata.co.id, Kamis (5/5).

Alvin mengkategorikan Pelita Air dalam kelas pelayanan medium. Kelas ini setara dengan PT Sriwijaya Air, dan PT NAM AIR.

Alvin menjelaskan, persaingan maskapai di dalam negeri berdasarkan rute dan jadwal penerbangan. Sejauh ini, maskapai dengan pelayanan medium yang juga memiliki rute Jakarta-Bali adalah Sriwijaya Air.

Pelita Air memiliki rute penerbangan Jakarta-Bali dengan frekuensi penerbangan satu kali sehari. Adapun, Sriwijaya Air yang berdiri sejak 2003, memiliki 12 pesawat Boeing 737-500 dan Boeing 737-800. Maskapai ini melayani 53 rute perjalanan domestik dan tiga negara di kawasan regional.

Pelita Air yang baru masuk ke pasar komersial, masih berpotensi besar terus berkembang. "Saat ini masih terbatas," kata Alvin. 

Direktur Utama PT Pelita Air Service, Dendy Kurniawan, mengatakan akan membuka rute perjalanan ke destinasi wisata dan bisnis favorit selain Jakarta- Bali.

“Hadirnya kembali penerbangan reguler Pelita Air diharapkan dapat mengembalikan kerinduan penumpang untuk merasakan penerbangan yang menyenangkan bersama Pelita Air,” kata dia beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...