Heboh BBM Air Nikuba, Ahli Sebut Sulit Proses Air Menjadi Energi

Fahmi Ahmad Burhan
6 Mei 2022, 15:13
BBM, Nikuba
Twitter @NikubaHidrogen
Demonstrasi pemakaian alat Nikuba oleh beberapa aparat TNI.

Warga asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Aryanto Misel mengaku membuat alat yang bisa mengubah air menjadi bahan bakar minyak atau BBM untuk kendaraan. Aryanto menamakan temuannya itu Nikuba, yang bekerja dengan cara memisahkan antara hidrogen dan oksigen di air melalui proses elektrolisis. 

Rektor Universitas Teknologi Sumbawa Chairul Hudaya mengatakan bahwa proses mengubah air melalui proses elektrolisis hingga menjadi energi sulit dilakukan. "Untuk memecah hidrogen dari air perlu energi yang besar dan alat yang khusus," katanya kepada Katadata.co.id, Jumat (6/5).

Ia mengatakan, inovasi bahan bakar untuk kendaraan sebenarnya telah banyak dikembangkan sebelumnya. "Banyak yang free energy, tapi akhirnya terkuak sebagai fake. Kalau mau fair, ini bisa dibedah bersama," ujarnya.

Nikuba menjadi sorotan setelah mendapat dukungan dari anggota TNI. Beredar video di media sosial saat Nikuba dipasang di kendaraan dinas milik anggota TNI dari Koramil Lemahabang Serda Muhammad Sutami.

Dari akun Twitter Nikuba @NikubaHidrogen, dijelaskan Nikuba ini berfungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O) yang dimasukkan ke alat tersebut. Namun Air yang digunakan adalah air yang sudah tidak mengandung logam berat.

Nantinya, hidrogen hasil pemisahan itu yang akan dialirkan ke ruang pembakaran menjadi bahan bakar kendaraan. Sedangkan, oksigen yang telah dipisahkan dielektrolisis lagi menjadi hidrogen. Kemudian, alat akan mengalirkannya lagi ke ruang pembakaran sebagai bahan bakar.

Untuk memisahkan antara hidrogen dan oksigen, Nikuba mengandalkan aki (accu) bawaan kendaraan. "Selebihnya full hidrogen dari alat atau kami sebut generator #NikubaHirdrogen ini dialirkan ke manipol sebagai bahan bakar," demikian dikutip dari akun Twitter Nikuba.

Alat tersebut kini telah dipasang di 31 unit kendaraan dinas milik TNI. Bahkan, TNI juga siap mewadahi pengembangan alat tersebut lebih lanjut.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...