Kronologi Wartawan Al Jazeera Ditembak Mati Tentara Israel

Yuliawati
Oleh Yuliawati
13 Mei 2022, 12:49
Al Jazeera, Palestina, Israel
ANTARA FOTO/REUTERS/Imad Creidi/pras/sad.
Jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh terbunuh oleh tembakan tentara Israel menurut saluran berita di Qatar, yang ditampilkan di gedung markas Al-Jazeera, Doha, Qatar, Rabu (11/5/2022).

Kantor Berita Al Jazeera menuduh Israel membunuh salah satu jurnalis veterannya di Tepi Barat pada Rabu lalu. Jurnalis yang bernama Shireen Abu Akleh, keturunan Palestina-Amerika, 51 tahun, ditembak mati saat meliput serangan militer Israel di sebuah kamp pengungsi.

Abu Akleh terkenal di dunia Arab karena pemberitaannya tentang konflik dan kisah Israel-Palestina selama lebih dari tiga dekade. Upacara pemakaman Abu Akleh dihadiri ribuan warga Palestina di Ramallah, sehari setelah pembunuhannya.

Advertisement

Dikutip dari Time, Al Jazeera mengatakan Abu Akleh ditembak saat melaporkan operasi militer Israel di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat utara pada Rabu pagi. Dia ditembak di bagian kepala dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis, dan kemudian meninggal dunia. Produsernya Ali al-Samoudi, yang tertembak di punggung, saat ini sedang menjalani perawatan intensif.

Al Jazeera mengatakan bahwa dia “dibunuh dengan darah dingin” oleh pasukan pendudukan Israel, yang “menargetkannya dengan tembakan langsung.” Awalnya militer Israel membantah tuduhan itu, tetapi Washington Post pada hari Kamis mengutip seorang pejabat yang mengatakan Israel sedang menyelidiki apakah tembakan fatal itu berasal dari tentaranya.

Israel awalnya menangkis tudingan dengan mengatakan kemungkinan pejuang Palestina yang bertanggung jawab atas kematian Abu Akleh. Israel mengatakan pasukannya membela diri dari “tembakan besar-besaran” di Jenin dan bahwa “ada kemungkinan, para wartawan terkena tembakan dari kelompok Palestina.”

Namun, versi ini dibantah wartawan yang menjadi saksi mata di lokasi. Menurut Al Jazeera, wartawan di lapangan mengatakan tidak ada pejuang Palestina yang hadir pada saat pembunuhan itu.

“Kami sedang merekam operasi tentara Israel dan tiba-tiba mereka menembak kami tanpa meminta kami untuk pergi atau berhenti merekam,” kata al-Samoudi, rekan Abu Akleh yang terluka.

Rekaman video yang diambil di tempat kejadian menunjukkan Abu Akleh mengenakan jaket pers yang mengidentifikasi dirinya sebagai jurnalis ketika dia ditembak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement