Harga Minyak Meroket US$ 113 per Barel Usai Cina Akhiri Lockdown

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Mei 2022, 12:56
minyak, cina
ANTARA FOTO/REUTERS/Yoruk Isik/HP/dj
Kapal tanker minyak berbendara Rusia, Pegas, terlihat di pelabuhan di Marmara Ereglisi, bagian barat Turki, 16 Januari 2022.

Harga minyak mentah dunia melonjak mencapai US$ 113 per barel seiring  rencana berakhirnya lockdown atau karantina di Cina. Mengutip laporan harian Bloomberg, harga minyak mentah jenis Brent pada Selasa (17/5) siang berada di level US$ 113,9 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI diperdagangkan pada US$ 113,75 per barel.

Pihak berwenang di Shanghai pada hari Senin (16/5) kemarin mengatakan kebijakan lockdown akan berkurang secara bertahap seiring turunnya kasus Covid-19.  Lockdown yang diterapkan hampir selama enam minggu ini mengguncang ekonomi Cina dan mengganggu rantai pasokan minyak global.

Pada 1 Juni, Shanghai dijadwalkan untuk mengakhiri kebijakan lockdown dengan pelonggaran bertahap yang dimulai sejak 21 Mei. Wakil Walikota Shanghai, Zong Ming, mengatakan pihaknya akan mulai melakukan percobaan untuk mengakhiri kebijakan lockdown selama 1 bulan, sembari memantau  infeksi Covid-19.

"Kami akan sepenuhnya menerapkan pencegahan dan pengendalian epidemi, menormalkan manajemen, dan sepenuhnya memulihkan produksi dan kehidupan normal di kota Shanghai,” kata Zong Ming sebagaimana diberitakan oleh The Guardian pada Senin (16/5).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...