Keran Ekspor CPO Sudah Dibuka, Pengusaha Belum Bisa Langsung Ekspor

Andi M. Arief
23 Mei 2022, 15:32
CPO, sawit, ekspor CPO
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/tom.
Pekerja memanen tandan buah segar kelapa sawit di kebun milik salah satu perusahaan kelapa sawit di Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (11/11/2021).

Pemerintah membuka kembali ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya mulai hari ini. Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) menyatakan kebijakan dibukanya keran ekspor tidak akan langsung meringankan beban tangki penyimpanan CPO dan turunannya.

Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga mengatakan pelaku industri CPO dan turunannya masih menunggu Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur izin ekspor CPO.

"Kami masih menunggu apakah ekspor ini juga mengandung larangan-larangan tertentu dan mungkin perlu persyaratan dan (aturan) lainnya," kata Sahat kepada Katadata.co.id, Senin (23/5).

Larangan ekspor CPO dan sebagian turunannya diatur dalam Permendag No. 22-2022. Permendag itu megenai Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil (CPO), Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RPO), Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein (RBPO), dan Used Cooking Oil (UCO). Hingga hari ini, Kemendag belum merilis aturan pengganti Permendag No. 22-2022.

Produsen baru dapat mengekspor aturan Permendag terbaru telah diterbitkan. Hal itu penting agar eksportir dapat mempelajari petunjuk tenis dan petunjuk pelaksanaan ekspor CPO terbaru.

Selain itu, Sahat menilai permintaan CPO asal Indonesia belum tentu terjadi pasar internasional. Para pembeli di pasar internasional telah memesan CPO hingga Juni 2022 setelah Indonesia melarang ekspor CPO.

Di samping itu, pemesanan kapal kargo untuk keperluan ekspor tidak dapat langsung terjadi. Kapal-kapal kargo kebutuhan ekspor umumnya telah dipesan hingga 3 bulan mendatang. "Ekspor dibuka 23 Mei 2022, tentu ekspor sawit belum akan (langsung) jalan," kata Sahat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...