5 Dugaan Penyebab Hepatitis Akut, dari Adenovirus hingga Varian Covid

Yuliawati
Oleh Yuliawati
23 Mei 2022, 16:58
hepatitis akut, covid-19
123rf.com
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit

Berdasarkan hasil penelitian para ahli kesehatan di dunia, terdapat lima hipotesis penyebab penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak berusia di bawah 16 tahun. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyampaikan salah satu hipotesis penyebab hepatitis akut ini adalah varian baru dari Covid-19. 

"Ada lima hipotesis kenapa kasus hepatitis akut bisa terjadi pada anak-anak," kata Dante dalam rapat dengar pendapat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (23/5) dikutip dari Antara.

Pertama adalah infeksi Adenovirus. Dante mengatakan bahwa menurut hasil pemeriksaan Adenovirus ditemukan pada sekitar 70% pasien anak yang diduga terserang hepatitis.

Para ahli, kata dia, masih meneliti lebih lanjut bagaimana Adenovirus yang biasanya menyerang saluran napas pasien dan menyebabkan batuk hingga influenza menginfeksi anak-anak berusia di bawah 16 tahun.

Kedua, penyakit hepatitis akut misterius disebabkan oleh sindrom SARS-CoV-2 atau Covid-19 setelah infeksi yang tidak diketahui.

Ketiga, terdapat pengaruh obat, racun, atau paparan lingkungan sebagai penyebab penyakit hepatitis akut.

"Obat, racun, dan paparan lingkungan, terutama dari hewan, bisa menyebabkan penularan (penyakit) pada manusia, sehingga mungkin hepatitis misterius diakibatkan (oleh) itu," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...