Jokowi Dorong UNESCAP Perkuat Pendanaan untuk Percepatan SDGs

Image title
23 Mei 2022, 17:38
Jokowi, SDG's, unescap
Sekab.go.id
Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mendorong Komite Ekonomi Sosial PBB untuk Asia-Pasifik (United Nation ESCAP/UNESCAP) dapat memperkuat pendanaan agar tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di kawasan dapat dipercepat.

Jokowi menjelaskan akibat tantangan global, pandemi Covid-19, perubahan iklim dan perang, pencapaian SDGs di kawasan Asia Pasifik tertunda. Pencapaian SDGs diperkirakan paling cepat pada tahun 2065.

"Pendanaan untuk akselerasi SDGs harus diperkuat. ADB memperkirakan kebutuhan 1,5 triliun dolar AS setiap tahunnya untuk memastikan SDGs tercapai di Asia Pasifik," kata Presiden dalam sambutannya saat Pembukaan Sidang Komisi ke-78 UNESCAP yang disaksikan secara virtual, Senin (23/5).

Presiden Jokowi memaparkan kebutuhan pendanaan setiap tahunnya berkisar US$ 1,5 triliun guna memastikan program SDGs di negara kawasan Asia Pasifik tercapai pada 2030. Namun di sisi lain, ketersediaan pendanaan global hanya mencapai US$ 1,4 triliun.

Oleh karenanya, Kepala Negara meminta investasi sektor swasta harus didorong, mengingat nilai investasi ke kawasan Asia Pasifik masih terbilang kecil.

Sejumlah negara di Asia Pasifik masih merasakan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan. Jokowi menyebutkan ekonomi di kawasan Asia Pasifik masih belum pulih dan di bawah standar. "70% dari total pengangguran baru terjadi di kawasan kita dan 85 juta penduduk kembali masuk ke dalam jurang kemiskinan ekstrem," kata Jokowi.

Selain itu, sebagaimana diprediksi IMF, pertumbuhan ekonomi kawasan Asia Pasifik tahun ini turun 0,5% menjadi 4,9%. Inflasi juga diperkirakan saat ini mencapai 8,7%, naik 2,8% dari perkiraan semula.

Halaman:
Reporter: Dudi Sholachuddin Triambudi, Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...