Kemenhub Buka Dua Rute Penyeberangan dari Jawa ke Nusa Tenggara

Andi M. Arief
14 Juni 2022, 12:22
Nusa Tenggara, penyeberangan
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/YU
Petugas mengawasi penurunan kontainer berisi minyak goreng curah dari kapal tol laut saat tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, NTT, Selasa (10/5/2022).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka dua jalur penyeberangan dari Jawa Timur ke Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Tujuan pengoperasian dua rute tersebut untuk mempermudah distribusi dari Pulau Jawa ke daerah Nusa Tenggara.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Junaidi mengatakan rute Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang dapat meningkatkan perekonomian di daerah Situbondo, khususnya sektor pariwisata. Selain itu, Junaidi menilai pengoperasian rute tersebut dapat meringankan beban penyeberangan di Pelabuhan Ketapang.

"Kedua lintas tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif penyeberangan yang dapat mengurangi beban jalan dan kemacetan di daerah Banyuwangi, mengurangi kepadatan arus lalu lintas kendaraan di Pelabuhan Ketapang,” kata Junaidi dalam keterangan resmi dikutip Selasa (14/6).

Junaidi menyebutkan telah memetakan permasalahan teknis penyeberangan di Kabupaten Situbondo. Beberapa masalah yang dimaksud adalah keselamatan operasional, akses masuk pelabuhan dan zonasi, dan arus lalu lintas kendaraan di pelabuhan.

Oleh karena itu, Junaidi mengatakan telah berkoordinasi dengan PT. ASDP Indonesia Ferry, KSOP, Distrik Navigasi dan pemangku kepentingan terkait untuk kesiapan operasional dan pelayaran perdana.

"Berdasarkan hasil pemetaan, beberapa kendala telah berhasil diatasi secara bertahap, khususnya terkait aspek hukum dan kesiapan prasarana. Kedua Keputusan Menteri tersebut merupakan dasar hukum yang sangat krusial bagi pengoperasian lintas Jangkar – Lembar dan Jangkar – Kupang,” kata Junaidi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...