Jokowi Ajak Jerman Investasi Kendaraan Listrik dan Industri Hijau

Yuliawati
Oleh Yuliawati
16 Juni 2022, 13:22
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Jokowi mengajak Jerman meningkatkan investasi di industri teknologi tinggi, antara lain industri kendaraan listrik Indonesia dari sektor hulu hingga hilir. Salah satunya membangun pabrik cip semikonduktor yang sempat mengalami krisis pasokan di dunia. 

“Saya mengajak industri Jerman untuk mengembangkan pabrik semikonduktor di Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Kamis (16/6).

Pabrik cip semikonduktor di Indonesia nantinya dapat menjadi bagian dari rantai pasok global. Selain itu, Jokowi juga menawarkan investasi di sektor industri hijau di Indonesia.

“Saya sampaikan kembali tawaran kepada Jerman untuk membangun Jerman Industrial Quarter di salah satu kawasan industri di Indonesia,” kata Jokowi.

Selain membahas investasi di industri teknologi tinggi, Jokowi dan Steinmeier membahas beberapa agenda lain, seperti kerja sama pengembangan sumber daya manusia untuk industri 4.0.

Indonesia, kata Jokowi, akan kembali menjadi Official Partner Country dari Hannover Messe pada 2023 yang merupakan pameran industri perdagangan terbesar di dunia dengan topik utama perkembangan industri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...