Lelang Ketiga Aset BLBI Tommy Soeharto Tak Laku Lagi Meski Harga Turun

Abdul Azis Said
17 Juni 2022, 14:01
Tommy Soeharto, BLBI
Dokumentasi Satgas BLBI
Satgas BLBI menyita aset milik obligor BLBI Ulung Bursa berupa tanah beserta bangunan di atasnya seluas 724 meter persegi yang terletak di Jalan Pandeglang No. 20, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (17/2).

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan melaporkan lelang ketiga untuk aset PT Timor Putera Nasional (TPN) milik Tommy Soeharto kembali gagal terjual pada Jumat (17/6). Aset ditawarkan dengan limit lelang Rp 2,06 triliun.

Lelang tersebut terdiri atas empat aset di Karawang, Jawa Barat, yang dijual satu paket sekaligus. Namun, sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yakni selambat-lambatnya sehari sebelum pelaksanaan lelang atau 16 Juni 2022, tidak terdapat peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminan.

"Maka lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan Tidak Ada Peminat (TAP)," kata Direktur Hukum dan Humas DJKN Tri Wahyuningsih Retno Mulyani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/6).

Adapun objek lelang tersebut merupakan empat bidang tanah milik PT TPN yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Adapun rincian aset-aset tersebut antara lain,

- Sebidang Tanah SHGB No. 3/Kamojing luas 51,8 hektare atas nama PT. Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing
- Sebidang Tanah SHGB No. 4/Kamojing luas 53,01 hektare atas nama PT. KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing
- Sebidang Tanah SHGB No.5/Cikampek Pusaka luas 10,1 hektar atas nama PT. KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka
- Sebidang Tanah SHGB No.22/Kalihurip luas 9,9 hektar atas nama PT. KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip.

Lelang hari ini merupakan percobaan penjualan yang ketiga kalinya setelah dua lelang sebelumnya juga tidak laku terjual. Aset-aset tersebut tak kunjung ada yang melirik sekalipun nilai limit lelangnya sudah diturunkan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...