NATO Ramal Perang Rusia dan Ukraina Akan Berlangsung Bertahun-tahun

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 Juni 2022, 15:57
Rusia, Ukraina
ANTARA FOTO/RUTERS/Alexander Ermochenko/aww/sad.
Pasukan pro-Rusia berjalan di sepanjang jalan di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Selasa (17/5/2022).

Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO mempekirakan perang Rusia dan Ukraina dapat berlangsung bertahun-tahun. Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan perang akan memakan biaya yang tinggi, tapi membiarkan Moskow mencapai tujuan militernya bakal memakan biaya yang lebih besar.

NATO mendorong negara sekutu terus mendukung Ukraina. "Kita harus bersiap menghadapi kenyataan bahwa itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kita tidak boleh berhenti mendukung Ukraina," kata kata Stoltenberg itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman Bild, dikutip dari BBC, Senin (20/6).

Baik Stoltenberg dan Johnson mengatakan pengiriman lebih banyak senjata akan membuat Ukraina berpotensi menang.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga telah memperingatkan konflik Rusia dan Ukraina akan bertahan jangka panjang. "Waktu adalah faktor vital. Semuanya akan tergantung pada apakah Ukraina bisa lebih cepat memperkuat kemampuannya untuk mempertahankan wilayahnya dibandingkan kemampuan Rusia meningkatkan serangan," kata Johnson pada Sunday Times.

Johson yang mengunjungi ibukota Ukraina pada hari Jumat, mengatakan pasokan senjata, peralatan, amunisi, dan pelatihan ke Kyiv diperlukan untuk melebihi upaya Moskow untuk mempersenjatai diri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...