PDIP: Kemiskinan di Jakarta Masa Anies Memburuk daripada Ahok-Djarot

Image title
21 Juni 2022, 18:35
Anies, Ahok, Djarot
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ahok saat meninggalkan kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati di Kebagusan, Jakarta, Rabu (15/2/2016).

Elit PDIP mengkritik kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengatasi kemiskinan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menilai tingkat kemiskinan di Jakarta pada saat dipimpin Anies, sama dengan tingkat kemiskinan pada 15 tahun sebelumnya.

Hasto mengatakan kondisi Jakarta lebih baik saat dipimpin oleh pasangan gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDIP, yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

“Akhirnya kan rakyat melihat bahwa Pak Ahok dan Pak Djarot ini lebih baik daripada yang ada sekarang,” kata Hasto di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada Selasa (21/6).

Berdasarkan data dari laman Badan Pusat Statsistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta, jumlah penduduk miskin mencapai 501.920 jiwa atau 4,73% dari total penduduk Jakarta pada 2021. Adapun pada 2006, jumlah penduduk miskin mencapai 407.100 jiwa atau 4,54% dari total penduduk Jakarta pada saat itu.

Pandemi Covid-19 menyumbang tingkat kemiskinan di provinsi yang dipimpin Anies Baswedan itu paling tinggi dalam 20 tahun terakhir. Berikut grafik Databoks: 

Djarot pun mengomentari kembalinya tingkat kemiskinan Jakarta ke masa 15 tahun silam. Dia mengatakan, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta yang fantastis semestinya dimanfaatkan dengan lebih baik.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...