PDIP Ajak PAN Kerja Sama Urusan Kader, Mungkinkah Bentuk Poros Baru?

Image title
15 Juli 2022, 14:24
PDIP, PAN, Pemilu 2024
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersepeda di Kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Di tengah penjajakan koalisi yang dilakukan berbagai partai menuju pemilihan umum (Pemilu), petinggi PDI Perjuangan dan PAN menunjukkan keakraban. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersepeda santai sembari berbincang dengan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno di kawasan Jakarta.

Hasto sempat mengutarakan ajakan kerja sama melibatkan kedua partai. “Kami menawarkan kerja sama untuk meningkatkan kualitas kader seperti pelatihan bersama melalui Sekolah Partai,” kata Hasto pada Jumat (15/7).

Eddy pun menyambut baik tawaran yang dilontarkan Hasto kala itu.“Ide bagus itu,” katanya.

Eddy menyebut pertemuannya dengan Hasto merupakan silaturahmi dua sahabat lama. Usai berbincang, kedua Sekjen saling sepakat untuk melanjutkan perbincangan kerja sama itu di kesempatan lain.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, mengatakan pertemuan dua petinggi partai bisa memberi dampak hubungan kedua partai semakin erat. Apalagi, jika keduanya melakukan pertemuan secara intensif.

“Jadi kalau itu dilakukan secara terencana, berulang, dan terus menerus, itu dimungkinkan mempererat kedua partai,” kata dia.

Kedua partai bisa memulai dengan saling kerja sama pendidikan politik secara umum. Namun, bila terkait ideologi akan sulit terwujud karena orientasi kedua partai yang berbeda.

“PDIP itu lebih cenderung penekanannya kepada marhaenisme atau ajaran ajaran Soekarno. Mereka kerap kali melakukan pendidikan politik dengan materi itu. Sementara PAN kan tidak ke arah itu,” ujar Jamiluddin.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...