Jejak Dinasti Rajapaksa di Sri Lanka Mirip Keluarga Soeharto

Yuliawati
Oleh Yuliawati
15 Juli 2022, 18:26
Sri Lanka
ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte/WSJ/cf
Pengunjuk rasa meneriakkan slogan protes terhadap Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa di dekat Sekretariat Kepresidenan, di tengah krisis ekonomi yang melanda negeri tersebut, di Kolombo, Sri Lanka, Sabtu (9/4/2022).

Parlemen Sri Lanka resmi menerima pengunduran diri Presiden Gotabaya Rajapaksa, Jumat (15/7). Pengunduran diri ini mengakhiri dinasti keluarga Rajapaksa yang berkuasa selama hampir 20 tahun.

Gotabaya Rajapaksa menyampaikan surat pengunduran diri dari tempat pelariannya di Singapura. Rojapaksa kabur ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk mencegah potensi dihukum pemerintahan baru.

Advertisement

Berdasarkan laporan International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ) Oktober tahun lalu, mengungkapkan anggota keluarga dinasti Rajapaksa menggunakan perusahaan rahasia untuk menyimpan kekayaan di seluruh dunia.

Praktik ini, menurut ICIJ, juga dilakukan oleh mantan pemimpin Orde Baru di Indonesia Soeharto dan mantan pemimpin Filipina Presiden Marcos.

Perjalanan Dinasti Rajapaksa

Sebelum Gotabaya Rajapaksa berkuasa, saudaranya yang bernama Mahinda Rajapaksa menjadi Presiden Sri Lanka selama 2005-2015. Ia menang tipis dalam pemilu untuk memperebutkan kursi kepresidenan.

Setahun sebelum menjadi presiden, dia menjadi Perdana Menteri selama 2004-2005. BBC melaporkan Mahinda menjadi populer karena mengecam pelanggaran hak asasi manusia dalam pemberontakan kelompok sayap kiri pada 1987-1989, yang membuatnya sampai meminta PBB untuk campur tangan.

Pada 1994, ia pun diangkat menjadi menteri tenaga kerja oleh presiden Sri Lanka, Chandrika Kumaratunga. Pada 2009, ia menyelia akhir berdarah perang saudara dengan kelompok separatis Tamil yang telah berlangsung selama hampir 30 tahun.

Ketika Mahinda menjadi presiden, dia dituduh melanggar hak asasi manusia, terutama terhadap kelompok etnis dan agama minoritas. Sang mantan presiden dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Keluarga Rajapaksa Menjadi Pejabat

Selama Mahinda berkuasa, dia mengangkat kerabatnya sebagai pejabat di kabinetnya. Sebelum menjadi presiden, Gotabaya memegang posisi senior di Kementerian Pertahanan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement