Penyebab Jakarta Tambah Miskin di Masa Pimpinan Anies dan Riza

Yuliawati
Oleh Yuliawati
15 Juli 2022, 20:13
Anies, Jakarta, kemiskinan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/YU
Dua warga melintas di kawasan rumah padat penduduk Kebun Melati, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat jumlah penduduk miskin di Ibu Kota bertambah 3.750 orang menjadi 502,04 ribu orang. Jumlah ini meningkat sekitar 4,69% dari total jumlah penduduk Jakarta, berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada Maret 2022.

"Bertambahnya jumlah penduduk miskin ini di antaranya disebabkan penurunan daya beli masyarakat karena dampak pandemi COVID-19," kata Kepala BPS DKI Jakarta Anggoro Dwitjahyono, dikutip dari Antara, Jumat (15/7).

Advertisement

Anggoro mengatakan penurunan daya beli tersebut salah satunya dipicu tingginya inflasi secara umum pada periode September 2021 hingga Maret 2022 mencapai 1,78%.

Sedangkan pada kelompok bahan makanan pada periode yang sama juga tercatat mengalami kenaikan harga mencapai 3,51%.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan tingkat kemiskinan di Ibu Kota bertambah pandemi corona. "Jadi peningkatan kemiskinan tidak hanya di DKI tetapi seluruh Indonesia itu disebabkan karena pandemi Covid-19 yang lebih dari dua tahun," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Riza menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama pemerintah pusat mengupayakan berbagai program dan solusi yang dibuat untuk mendorong ekonomi masyarakat.

Upaya berkolaborasi dengan pemerintah pusat tersebut, kata dia, mampu mengendalikan Covid-19 dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta tingkat inflasi yang lebih rendah dibandingkan negara lain.

Pada Juni lalu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang membuat tingkat kemiskinan di Jakarta sama pada 15 tahun sebelumnya. Hasto mengatakan kondisi Jakarta lebih baik saat dipimpin oleh pasangan gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDIP, yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement