Pimpinan Militer Amerika dan Australia Kunjungi RI, Ada Apa?

Yuliawati
Oleh Yuliawati
25 Juli 2022, 17:23
Amerika, Cina
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) menyambut kedatangan Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS) Jenderal Mark Milley (kiri) dalam kunjungan kerja di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Minggu (24/7/2022).\

Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat Jenderal Mark A Milley dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Australia Laksamana Madya Mark Hammond mengunjungi Indonesia dalam waktu berdekatan. Kunjungan keduanya berdekatan dengan agenda pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Cina Xin Jinping. 

Kunjungan Jenderal Mark AA Milley merupakan kunjungan pimpinan angkatan bersenjata pertama kali dalam 14 tahun terakhir. "Kedatangan ini setelah 14 tahun tidak melaksanakan kunjungan kerja ke Indonesia," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dikutip dari Antara, Minggu (24/7).

Milley menyatakan Indonesia merupakan negara penting bagi Amerika. "Penting bagi Asia Tenggara, Asia, dan seluruh dunia," kata Mark Milley, usai bertemu Jenderal Andika Perkasa.

Dia menjelaskan lebih dari dua pertiga perdagangan internasional melewati wilayah pasifik dan sebagian besar datang lewat jalur laut di Indonesia. "Sebagai negara terbesar keempat dan negara Muslim terbesar, serta militer profesional yang tangguh dan mitra militer AS," ujarnya pula.

TNI menjalin kerja sama militer dengan Amerika ditandai kunjungan Milley. Andika mengatakan berbagai hal menjadi pembicaraan dalam pertemuan tersebut, dengan tujuan meningkatkan persahabatan, pelatihan bersama untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan dalam menghadapi tantangan keamanan.

Adapun Kepala staf Angkatan Laut Australia Laksamana Madya Mark Hammond bertemu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono, selama kunjungannya pada 24-26 Juli.

Pertemuan itu akan memberi kesempatan bagi kedua pemimpin AL tersebut untuk membahas inisiatif kerja sama dan mengidentifikasi peluang untuk kolaborasi di masa yang akan datang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...