Jokowi Tiba di Cina, Bendera Merah-Putih berkibar di Kota Terlarang

Yuliawati
Oleh Yuliawati
26 Juli 2022, 16:13
Cina, Jokowi
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/aww
Seorang pria berjalan menantang angin melewati bendera Tiongkok di Lapangan Tiananmen sebelum sesi pembukaan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC) di Beijing, China, Jumat (4/3/2022).

Bendera Merah-Putih berkibar di Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen, Beijing. Pengibaran bendera Merah Putih berkibar selama Presiden Indonesia  Jokowi berkunjung ke Cina pada Senin (25/7) dan Selasa (26/7).

Merah-Putih bersanding dengan bendera nasional Cina di dua ikon wisata kelas dunia yang berada tepat di titik nol kilometer Beijing itu.

"Ini salah satu bentuk dukungan kami terhadap kerja sama Cina dengan Indonesia yang berjalan semakin baik," kata seorang perwira polisi yang bertanggung jawab atas keamanan Istana Kota Terlarang-Tiananmen, dikutip dari Antara, Selasa.

Jokowi mengunjungi Beijing atas undangan Presiden Cina Xi Jinping. Jokowi merupakan salah satu di antara sangat sedikit kepala negara atau kepala pemerintahan yang mengadakan kunjungan kenegaraan selama pandemi Covid-19.

Momentum seperti itu menjadi semakin langka karena Jokowi ditemui secara langsung oleh Xi di Beijing. Pengibaran bendera negara lain di Istana Kota Terlarang dan Tiananmen juga merupakan kejadian sangat langka.

Bendera Indonesia itu berkibar di tengah liburan sekolah akhir semester, yang bersamaan dengan liburan musim panas di Cina sehingga menjadikan Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen dipadati ribuan wisatawan sejak pagi hingga sore hari.

Presiden beserta istri Iriana Jokowi dan jajaran kabinetnya tiba di Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing (BCIA) pada Senin pukul 21.30 waktu setempat (20.30 WIB).

Jokowi disambut hangat para pejabat dan dijemput dengan Limosin termahal di Cina, Hongqi seri Luxury L5. Mobil tersebut dibanderol harga setara US$ 800 ribu atau sekitar Rp 11,9 miliar. Limosin itu sekelas dengan mobil mewah Rolls-Royce.

Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi dan Perdana Menteri Li Keqiang pada Selasa sore di gedung tamu kenegaraan Diaoyutai, Beijing.

Kunjungan tersebut dilakukan melalui mekanisme lingkaran tertutup (close loop), mengingat China masih menerapkan kebijakan nol kasus Covid-19.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...