Bertemu Jokowi, PM Cina Janji Tambah Impor CPO Indonesia 1 Juta Ton

Rizky Alika
26 Juli 2022, 17:21
Jokowi, Cina, CPO
Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Presiden Xi Jinping saat kunjungan kerja ke Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RTT), (26/7).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Cina Li Keqiang pada Selasa (26/7). Dalam pertemuan tersebut, Cina menyebutkan akan menambah impor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dari Indonesia.

Pertemuan berlangsung di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing pada Selasa (26/7) sore. “RRT menyampaikan komitmen untuk menambah impor CPO satu juta ton dari Indonesia,” demikian tertulis dalam keterangan pers Sekretariat Presiden, Selasa (26/7).

Selain itu, Cina mengatakan bakal memprioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia. Kedua pemimpin juga membahas kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Dalam sambutan pengantarnya, Jokowi menyampaikan Cina merupakan mitra strategis Indonesia. Saat ini, kedua negara memiliki kerja sama yang saling menguntungkan.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, pertemuan tersebut dapat membahas berbagai kerja kerja sama khususnya di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur, keuangan, pendanaan, serta maritim.

Jokowi menambahkan, perdagangan antara Indonesia dan Cina sudah melampaui US$ 100 miliar. Ia berharap kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan. “Peluang untuk meningkatkan angka perdagangan sangat besar,” ujar Jokowi.

Selama ini, Cina merupakan negara kedua importir CPO global. Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), permintaan impor minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) global akan mencapai 50,6 juta ton untuk periode November 2021-Oktober 2022. Berikut grafik Databoks: 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...