Temui CEO Raksasa Jepang, Jokowi Kantongi Investasi Rp 75,4 Triliun

Rizky Alika
28 Juli 2022, 11:27
jokowi, jepang
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang pada Rabu (27/7).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah CEO perusahaan raksasa Jepang pada Rabu (27/7). Dalam pertemuan itu, Jokowi mengantongi komitmen investasi sebesar US$ 5,2 miliar atau Rp 75,4 triliun.

Pertemuan diadakan di Imperial Hotel, Tokyo, Jepang. Dalam kesempatan itu, hadir 10 CEO dan pimpinan perusahaan asal Negara Matahari Terbit.

"Perusahaan-perusahaan tersebut telah menyampaikan minat dan rencana perluasan investasinya mencapai US$5,2 miliar," kata Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam instagram pribadinya, Rabu (28/7).

Ia mengatakan, Jepang merupakan investor terbesar kedua di Indonesia. Untuk itu, hubungan kerja sama dengan Jepang akan terus dikawal oleh pemerintah guna meningkatkan ketahanan rantai pasok bagi masyarakat.

Bahlil memastikan, Indonesia serius dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif dan ramah bagi para pelaku usaha. "Agar dampaknya dirasakan oleh UMKM melalui kerjasama investasi yang terjalin," ujar dia.

Adapun, Jokowi turut mempromosikan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Saat ini juga kami sedang memulai membangun ibu kota baru di mana banyak sekali peluang investasi," kata Jokowi berdasarkan keterangan pers Sekretariat Presiden, Rabu (27/7).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...