Amerika Untung dari Sanksi atas Rusia, Pasokan Gas Mengalir ke Eropa

Yuliawati
Oleh Yuliawati
29 Juli 2022, 12:34
Rusia, Amerika, LNG, gas
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi LNG atau gas alam cair.

Sejak Eropa memberikan sanksi kepada Rusia dengan menghentikan impor minyak dan gas dari negara tersebut, Amerika Serikat meningkatkan pasokan gas alam cair ke Benua Biru. Amerika telah menggeser Asia sebagai tujuan terbesar pasar gas alam cair dan memindahkannya ke Eropa yang membeli dengan harga premium.

Berdasarkan data Badan Administrasi Informasi Energi AS, pengiriman gas alam cair ke Eropa hampir tiga perempat dari total pengiriman selama empat bulan pertama 2022. Secara harian, pengiriman gas alam cair dari Amerika ke Eropa itu tiga kali lipat dari rata-rata tahun lalu.

Advertisement

Bloomberg mencatat, sebelum Rusia menyerang Ukraina, Amerika hanya mengirim sepertiga dari total pengirimannya ke Eropa. Saat ini, AS menyumbang hampir setengah dari impor LNG Eropa, sekitar dua kali lipat dibandingkan 2021.

Sebelum Eropa menghentikan gas dari Rusia, Amerika memprioritaskan pengiriman kargo LNG ke Asia. Selama dua tahun terakhir, Asia menjadi tujuan hampir setengah dari kargo LNG AS dan kini volume ke Asia turun hingga setengahnya pada 2022.

AS juga telah meningkatkan volume ekspor gas alam cair secara keseluruhan tahun ini. Pengiriman bahan bakar super-dingin melonjak 18% dari level 2021 menjadi rata-rata 11,5 miliar kaki kubik per hari.  

Uni Eropa dan Amerika telah membuat kesepakatan pengiriman gas alam sejak Maret. Perjanjian memasok LNG ke Eropa ini dibuat untuk membantu Eropa yang hendak menghentikan ketergantungannya pada gas Rusia.

Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolai Patrushev beberapa waktu lalu sebelumnya pernah mengatakan bahwa perusahaan dan lembaga keuangan AS berkembang pesat ke Eropa, memanfaatkan krisis Ukraina untuk keuntungan mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement