PM Jepang Akan Rombak Kabinet, Efek Terseret Isu Gereja Unifikasi

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Agustus 2022, 19:59
Jepang
MOFAJapan_en/twitter
PM Jepang Fumio Kishida bakal merombak kabinetnya.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan merombak kabinetnya akibat berkembangnya isu kedekatan anggota kabinet dengan kelompok agama Gereja Unifikasi. Kedekatan kabinet dengan kelompok tersebut membuat kepercayaan masyarakat Jepang turun terhadap pemerintahannya.

Kishida mengatakan bahwa anggota baru kabinetnya dan pejabat baru partai yang berkuasa harus mengevaluasi hubungan mereka dengan kelompok tersebut. "Itu akan menjadi prasyarat," kata Kishida, berbicara pada konferensi pers di Nagasaki, dikutip dari Reuters, Selasa (9/8).

Advertisement

Publik makin menyoroti hubungan antara kelompok Gereja Unifikasi dan anggota parlemen Partai Demokrat Liberal (LDP) sejak mantan Perdana Menteri Shinzo Abe ditembak mati bulan lalu dalam sebuah kampanye.

Tetsuya Yamagami, tersangka pembunuhan Abe, dendam terhadap kelompok agama Gereja Unifikasi dan dia menganggap Abe telah mempromosikan kelompok itu. Yamagami dendam dengan Gereja Unifikasi karena membuat ibunya memberikan sumbangan besar hingga bangkrut.

NHK melaporkan, dukungan publik terhadap kabinet Kishida jatuh ke level terendah sejak ia menjabat Oktober lalu, turun menjadi 46% dari 59% pada tiga minggu lalu. Sebagian besar responden mengatakan mereka menginginkan penjelasan tentang hubungan politisi dengan Gereja Unifikasi.

Kishida mengatakan di Nagasaki, kabinetnya membutuhkan perombakan untuk menangani masalah seperti kenaikan harga dan faktor keamanan yang semakin tegang. "Dalam banyak hal, kita menghadapi situasi paling kritis sejak akhir Perang Dunia Kedua," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement