Dana Bansos Bakal Bertambah Mulai September, Ada Jatah Anak Yatim

Andi M. Arief
16 Agustus 2022, 15:00
bansos, anak yatim
ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom.
Relawan Super Isoman berkostum tokoh wayang Gatotkaca milenial mengajak anak yatim untuk menonton film di bioskop di sebuah pusat perbelanjaan di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (21/6/2022).

Kementerian Sosial atau Kemensos akan menaikkan besaran dana bantuan sosial atau bansos mulai September 2021. Langkah ini untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu karena melonjaknya harga pangan di dalam negeri.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan besaran bantuan sosial atau bansos yang akan diberikan pada akhir kuartal III-2022 masih dalam proses perhitungan. Salah satunya menghitung golongan penerima bansos baru.

"Golongan penerima bansos yang baru adalah anak yatim. Besarannya lagi kami hitung kemarin, makanya kami ngebut mudah-mudahan September bisa direalisasi," kata Risma di Kompleks Gedung DPR, Selasa (18/6).

Risma mengatakan anak yatim selama ini tidak mendapatkan bansos karena tidak masuk dalam daftar keluarga penerima bansos maupun program keluarga harapan. Saat ini, Risma mengatakan telah mendapatkan data terkait anak yatim dan memiliki daftar anak yatim yang dapat menerima bansos.

Risma mengatakan anak yatim yang akan mendapatkan bansos merupakan anak yatim yang tidak masuk dalam PKH. Selain itu, anak yatim yang mendapatkan bansos bisa berada di dalam panti asuhan maupun di luar panti asuhan.

Risma mengatakan sudah mendiskusikan penambahan besaran bantuan sosial maupun penambahan golongan penerima bansos baru dengan Kementerian Keuangan."Kami sudah rapat mulai dari bulan apa itu ya?" kata Risma.

Kementerian Keuangan mencatat, rata-rata realisasi belanja perlindungan sosial atau bansos daerah hanya mencapai Rp 11 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti rendahnya penyaluran bansos di daerah dibandingkan pusat yang mencapai di atas Rp 400 triliun per tahun dalam tiga tahun terakhir.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...